Kompas.com - 25/09/2021, 08:32 WIB
Ilustrasi tanaman hias di dalam ruangan. SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOTIlustrasi tanaman hias di dalam ruangan.

KOMPAS.com - Salah satu manfaat merawat tanaman adalah mempercantik ruangan dan menciptakan suasana yang nyaman di rumah.

Selain itu, tanaman juga memiliki fungsi lainnya, bergantung jenis yang ditanam. Ada tanaman yang bermanfaat untuk mengusir nyamuk, menyaring polusi di udara, hingga mendinginkan ruangan.

AC dan kipas angin memang dapat mendinginkan ruangan dengan cepat, namun penggunaannya dapat menyebabkan tagihan listrik membengkak.

Dilansir dari Houzz melalui KOMPAS.com, merawat banyak tanaman di dalam rumah akan membantu menyerap udara hangat dan melepaskan oksigen serta uap air dingin ke udara melalui proses transpirasi.

Dengan begitu, suhu di dalam ruangan menjadi lebih sejuk secara alami meskipun suhu di luar ruangan sedang panas.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Sabtu (18/9/2021), berikut ini adalah 8 tanaman hias yang dapat mendinginkan ruangan.

Baca juga: Alasan Mengapa Harga Tanaman Hias Bisa Sangat Mahal

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Lidah buaya

Tanaman hias yang dapat mendinginkan ruangan yang pertama adalah lidah buaya. Sukulen ini mengandung banyak air di dalam daunnya. Dengan begitu, lidah buaya akan melepaskan uap air dingin ke udara saat cuaca di sekitarnya panas.

Para ilmuwan mengatakan, lidah buaya dapat membantu menghilangkan formaldehida dan benzena dari udara.

Tanaman ini juga dapat menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen di malam hari, sehingga menyimpan tanaman lidah buaya di kamar tidur dapat membantu penghuni tidur lebih nyenyak.

Lidah buaya lebih menyukai jumlah sinar matahari yang sedang dan penyiraman secara teratur di musim panas, sedangkan saat musim hujan, lidah buaya hanya membutuhkan sedikit kelembapan.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.