Kompas.com - 13/09/2021, 16:00 WIB

KOMPAS.com - Pendaftaran program Kartu Prakerja yang dibuka sejak Kamis (9/9/2021) telah ditutup pada Minggu (12/9/2021).

"Gelombang 20 akan ditutup pada hari Minggu, 12 September 2021, pukul 23.59 WIB," tulis Instagram Prakerja pada Minggu malam.

Kendati demikian, penyelenggara Prakerja belum memberi kabar lebih lanjut terkait pengumuman hasil seleksi gelombang 20.

Lantas, bagaimana cara untuk mengetahui lolos tidaknya mengikuti program Prakerja Gelombang 12?

Baca juga: Mengenal Monstera Variegata, Tanaman Hias yang Bisa Laku Ratusan Juta Rupiah

1. Melalui dashboard

Melansir situs resmi Prakerja.go.id, hasil seleksi Kartu Prakerja gelombang 13 dapat dicek melalui dashborad Kartu Prakerja di prakerja.go.id.

Untuk mengecek secara online, maka pendaftar dapat membuka dahulu website prakerja.go.id Selanjutnya, tinggal masukkan email dan password untuk login ke dashboard Prakerja.

  • Apabila lolos maka akan muncul status saldo di dashboard dan akan mendapat keterangan sebagai berikut: "Dana insentif kamu diberikan setelah penyelesaian pelatihan, bila belum ada dana yang ditransfer 7X24 jam Hubungi CS".
  • Jika pendaftar tidak lolos, maka akan ada notifikasi "Kamu Belum Berhasil" di dashborad akun. Bagi peserta yang tidak lolos diharapkan tak kecewa. Pendaftar dapat ikut seleksi gelombang berikutnya.

Selain pemberitahuan lolos tidaknya peserta, pada dashboard akun Prakerja terdapat 3 status baru saat pemilik akun telah tergabung dalam gelombang pendaftaran.

Berikut 3 status baru beserta fungsinya:

  • Status "Menunggu gelombang ditutup" menandakan periode pendaftaran gelombang yang masih terbuka bagi para pendaftar. Saat user telah tergabung dan gelombang belum ditutup, maka akan muncul status tersebut.
  • Status "Sedang diproses" menandakan bahwa periode pendaftaran gelombang sudah ditutup dan pendaftar tinggal menunggu waktu seleksi.
  • Status "Dalam proses seleksi" menandakan pihak manajemen pelaksana Prakerja sedang melakukan seleksi.

Baca juga: Pemerintah Bersiap Ubah Status Pandemi ke Endemi Covid-19, Apa Artinya?

2. Melalui SMS

Ada dua cara untuk mengetahui lolos atau gagal Kartu Prakerja, salah satunya melalui SMS.

Pendaftar yang lolos akan menerima SMS berisi pemberitahuan bahwa yang bersangkutan telah lolos seleksi Prakerja.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.