Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Tepat Menyimpan Biji Kopi

Kompas.com - 15/08/2021, 17:05 WIB
Inten Esti Pratiwi

Penulis

KOMPAS.com - Harum mantapnya secangkir kopi dipengaruhi oleh banyak faktor. Proses penyimpanan, penggilingan hingga penyeduhan, semuanya mempengaruhi kualitas kopi secara keseluruhan.

Jadi proses penyimpanan biji kopi pun harus sangat diperhatikan, seperti Anda juga memperhatikan langkah demi langkah dalam menyeduh bubuk kopi.

Berbagai mitos cara penyimpanan biji kopi beredar di sekitar kita. Ada yang mengatakan bahwa untuk mempertahankan kesegaran biji kopi kita bisa menyimpan biji kopi di dalam freezer. 

Apakah mitos tersebut benar adanya?

Berikut ini adalah cara menyimpan biji kopi yang benar agar kesegarannya bisa bertahan cukup lama.

Baca juga: 6 Tips Sehat Minum Kopi

Cara menyimpan biji kopi

Isabel Maples, ahli nutrisi dari Academy of Nutrition and Dietetics mengatakan bahwa menyimpan biji kopi di dalam freezer bukanlah solusi yang tepat.

Dilansir dari Hunkermeski disimpan dalam wadah tertutup rapat, tapi menyimpan kopi dalam freezer tetap bisa mengundang kelembaban datang dan menyelimuti biji kopi.

Biji kopi yang terkena kelembaban tinggi bisa rusak kesegarannya sehingga aroma dan citarasanya pun berubah total.

Namun jika stok biji kopi Anda sangat berlimpah, menyimpan di dalam freezer tetap pilihan terbaik daripada menyimpannya di rak pendingin biasa.

Simpan biji kopi dalam plastik ziplockUnsplash/Nadia Valko Simpan biji kopi dalam plastik ziplock
Syaratnya, masukkan biji kopi ke dalam plastik ziplock yang benar-benar kedap udara sehingga tak ada air yang bisa merembes masuk.

Baca juga: Menakar Plus Minus Kopi Instan

Agar Anda tak perlu repot menyimpannya di dalam freezer, belilah biji kopi dalam jumlah kecil sehingga kopi akan habis tanpa perlu berkurang kesegarannya karena tersimpan cukup lama.

Simpan biji kopi dalam toples bertutup rapat.Unsplash/Clint Bustrillos Simpan biji kopi dalam toples bertutup rapat.
Simpan biji kopi dalam kemasan ziplock atau di dalam toples bertutup rapat, dan letakkan di sudut dapur yang jauh dari sumber panas dan sumber kelembaban.

Jauhkan pula kopi dari cahaya yang terlalu terang seperti di bawah jendela yang bermandikan matahari. Panas dari cahaya bisa merusak tekstur kopi yang ada.

Menyimpan biji kopi di kemasan rapat dan diletakkan di suhu ruangan adalah cara tepat menyimpan biji kopi. 

Menyimpan dalam freezer adalah solusi kedua jika Anda memang memiliki stok biji kopi yang terlampau banyak," pungkas Maples. 

Dalam menyimpan biji kopi, faktor kelembaban, suhu, dan aroma lingkungan yang ada di sekitar biji kopi merupakan faktor utama yang bisa mempengaruhi kondisi kopi.

Baca juga: Sehat Mana Kopi Pagi atau Kopi Sore? Ini Kata Pakar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com