Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Tepat Menyimpan Biji Kopi

Jadi proses penyimpanan biji kopi pun harus sangat diperhatikan, seperti Anda juga memperhatikan langkah demi langkah dalam menyeduh bubuk kopi.

Berbagai mitos cara penyimpanan biji kopi beredar di sekitar kita. Ada yang mengatakan bahwa untuk mempertahankan kesegaran biji kopi kita bisa menyimpan biji kopi di dalam freezer. 

Apakah mitos tersebut benar adanya?

Berikut ini adalah cara menyimpan biji kopi yang benar agar kesegarannya bisa bertahan cukup lama.

Cara menyimpan biji kopi

Isabel Maples, ahli nutrisi dari Academy of Nutrition and Dietetics mengatakan bahwa menyimpan biji kopi di dalam freezer bukanlah solusi yang tepat.

Dilansir dari Hunker, meski disimpan dalam wadah tertutup rapat, tapi menyimpan kopi dalam freezer tetap bisa mengundang kelembaban datang dan menyelimuti biji kopi.

Biji kopi yang terkena kelembaban tinggi bisa rusak kesegarannya sehingga aroma dan citarasanya pun berubah total.

Namun jika stok biji kopi Anda sangat berlimpah, menyimpan di dalam freezer tetap pilihan terbaik daripada menyimpannya di rak pendingin biasa.

Agar Anda tak perlu repot menyimpannya di dalam freezer, belilah biji kopi dalam jumlah kecil sehingga kopi akan habis tanpa perlu berkurang kesegarannya karena tersimpan cukup lama.

Jauhkan pula kopi dari cahaya yang terlalu terang seperti di bawah jendela yang bermandikan matahari. Panas dari cahaya bisa merusak tekstur kopi yang ada.

Menyimpan biji kopi di kemasan rapat dan diletakkan di suhu ruangan adalah cara tepat menyimpan biji kopi. 

Menyimpan dalam freezer adalah solusi kedua jika Anda memang memiliki stok biji kopi yang terlampau banyak," pungkas Maples. 

Dalam menyimpan biji kopi, faktor kelembaban, suhu, dan aroma lingkungan yang ada di sekitar biji kopi merupakan faktor utama yang bisa mempengaruhi kondisi kopi.

https://www.kompas.com/tren/read/2021/08/15/170500565/cara-tepat-menyimpan-biji-kopi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke