Banyak yang Mengeluh Tak Bisa Suntik Vaksin Dosis Kedua karena Stok Kosong, Ini Kata Kemenkes

Kompas.com - 02/08/2021, 07:26 WIB
Sebanyak 1,5 juta dosis vaksin Sinopharm tiba di Bandara Soekarno Hatta pada Jumat (30/7/2021) siang. Dok. Sekretariat PresidenSebanyak 1,5 juta dosis vaksin Sinopharm tiba di Bandara Soekarno Hatta pada Jumat (30/7/2021) siang.

KOMPAS.com - Di media sosial dan kolom komentar unggahan tentang vaksinasi, banyak yang mengeluhkan kosongnya stok vaksin di daerah mereka sehingga ada yang kesulitan untuk mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 dosis kedua.

Keluhan itu salah satunya disampaikan pada unggahan di akun Instagram Kompas.com, @kompascom.

Keluhan yang sama juga bisa ditemukan di berbagai unggahan platform media sosial, seperti Twitter dan Facebook.

Keluhan stok vaksin kosong disampaikan warganet di media sosial.Instagram Keluhan stok vaksin kosong disampaikan warganet di media sosial.
Bagaimana kondisi stok vaksin di Indonesia?

Pada Minggu (1/8/2021), Indonesia kembali kedatangan vaksin Covid-19.

Vaksin yang datang adalah vaksin Moderna pemberian dari Pemerintah Amerika Serikat melalui Covax Facility sebanyak 3,5 juta dosis.

Sementara itu, 620.000 dosis vaksin AstraZeneca yang merupakan hasil kerja sama bilateral Indonesia dan Inggris akan tiba pada Senin (2/8/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Dalam catatan Kementerian Luar Negeri, Indonesia telah menerima, di titik ketibaan, sejumlah 178.357.880 dosis vaksin. Yang terdiri dari vaksin curah atau bulk sebesar 144.700.280 dan vaksin jadi sebesar 33.657.600 dosis," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam jumpa pers virtual, Minggu (1/8/2021).

Dari jumlah dosis vaksin yang diterima tersebut, mengapa masih banyak daerah yang kehabisan stok vaksin Covid-19 dosis kedua?

Kemenkes: masih perlu diolah

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengatakan, sebagian besar vaksin yang dikirim ke Indonesia adalah vaksin dalam bentuk bahan baku atau bulk.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.