Kompas.com - 31/07/2021, 09:12 WIB
Cicak WikimediaCicak

KOMPAS.com - Tidak hanya kecoa dan tikus, keberadaan cicak yang berkeliaran di rumah dirasa cukup menganggu. Hal itu lantaran cicak terkadang mengeluarkan kotoran yang bisa membekas di tembok, atau mengotori perabotan.

Selain itu, hewan reptil yang satu ini juga bisa saja berkeliaran di dapur atau ruang makan rumah dan mencicipi makanan kita. Menjijikkan bukan?

Jika iya, artinya ada hal yang perlu Anda lakukan agar cicak tidak lgi berkeliaran di dalam rumah.

Baca juga: Magic Com Bau Busuk? Mungkin Ada Bangkai Cicak di Dalamnya

 

Untuk mengusir cicak dari dalam rumah, Anda bisa melakukan cara-cara sebagai berikut:

1. Menutup ventilasi rumah

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menutup ventilasi rumah yang menjadi akses masuk dan keluar cicak. Caranya bisa dengan memasang kawat atau kasa nyamuk.

Dengan dipasangi kawat nyamuk, cicak jadi terhalang dan sulit masuk melalui ventilasi rumah. Selain itu, Anda juga bisa memasang selotip seperti double tape pada celah kecil di pintu.

2. Menaburkan bubuk kopi

Tidak hanya sebagai minuman, bubuk kopi juga memiliki banyak manfaat lain. Salah satunya bisa digunakan untuk mengusir cicak.

Cicak membenci aroma menyengat yang berasal dari bubuk kopi. Untuk meningkatkan aroma, campurkan bubuk kopi dan bubuk tembakau sampai merata dan taburkan di beberapa area rumah. Bubuk tembakau memiliki fungsi sebagai racun bagi hewan melata itu.

3. Minyak beraroma tembakau

Tidak perlu khawatir jika Anda merasa repot harus mencampur bubuk kopi dan minyak tembakau. Untuk mengatasinya, Anda bisa gunakan minyak esensial beraroma tembakau dan oleskan pada setiap perabotan di rumah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.