Tanpa Obat, Ini Cara Cepat dan Alami Turunkan Kolesterol Jahat

Kompas.com - 31/07/2021, 07:00 WIB
Ilustrasi kolesterol tinggi.
SHUTTERSTOCK/NELZAJAMALIlustrasi kolesterol tinggi.

KOMPAS.com - Kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh menjadi momok bagi siapa saja karena bisa menyebabkan penyakit jantung. Sebagian berupaya untuk mengendalikannya dengan obat, namun cara paling ampuh adalah dengan mengontrolnya.

Kadar kolesterol ini bisa dikendalikan dengan menjaga gaya hidup sehat, terutama mengatur asupan makanan, berolahraga, hingga menghentikan kebiasaan merokok.

Pada umumnya, kolesterol berada di dalam kandungan zat makanan yang dikonsumsi. Banyaknya makanan yang dikonsumsi akan berbanding lurus dengan peningkatan kadarnya dalam darah.

Asalkan besaran kolesterol ke dalam tubuh masih seimbang atau sesuai dengan kebutuhan, tubuh akan tetap sehat dan tidak akan terganggu mekanisme kerjanya.

Sebaliknya, apabila kolesterol yang dimasukkan ke dalam tubuh lebih dari yang diperlukan, maka kadar kolesterol di dalam darah akan meningkat melebihi angka normal. 

Kadar kolesterol yang berlebih akan membuatnya bereaksi dengan zat-zat lain dan dapat mengendap dalam pembuluh darah arteri. Kondisi ini disebut dengan atherosclerosis, yang kemudian menyebabkan terjadinya pemblokiran aliran darah akibat pembekuan lemak.

Pembekuan lemak yang mengendap dalam pembuluh darah bakal mengganggu proses sirkulasi darah ke jantung. Apabila kondisi ini terus berlanjut, akan memicu timbulnya serangan jantung.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di sinilah bahaya kolesterol jahat bagi tubuh manusia.

Baca juga: Mengapa Kolesterol Tinggi Perlu Diwaspadai?

Cara cepat turunkan kolesterol

Dilansir dari buku "Gaya Hidup & Penyakit Modern" (2008) oleh dr. J.B. Suharjo B. Cahyono Sp.PD, penumpukan kolesterol lama kelamaan akan menyumbat pembuluh darah.

Apabila kondisi ini disertai dengan darah tinggi dan terjadi pada pembuluh darah jantung, maka bisa menyebabkan Angina Pectoris, yakni nyeri luar biasa pada dada kiri akibat sumbatan pembuluh darah di jantung. Penyumbatan itu dapat menyebabkan mydordia infarct, yakni terjadinya kematian sebagian otot jantung, yang banyak dikenal sebagai penyakit jantung koroner (PJK).

Halaman:

Sumber Kompas.com
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.