Ingin Jajan Selama PPKM Darurat? Intip Tips Aman Pesan Makanan Online

Kompas.com - 17/07/2021, 08:00 WIB
Gojek klaim kuasai 75 persen pangsa pasar pesan makanan online KOMPAS.com/Bill ClintenGojek klaim kuasai 75 persen pangsa pasar pesan makanan online

KOMPAS.com - Apakah Anda tergolong orang yang patuh protokol kesehatan dan sering memesan makan secara online selama pandemi? Selain nyaman, tentu kita menginginkan makanan aman sampai di tangan.

Di masa PPKM Darurat seperti sekarang, bepergian keluar rumah tak lagi mudah mengingat kita diimbau agar membatasi mobilitas. Sembari duduk manis di rumah, kita tinggal membuka aplikasi pemesanan, memilih kuliner yang diinginkan, lalu makanan siap diantarkan.

Setidaknya ini bisa mengobati kerinduan kita yang gemar mencicipi jajanan di luar rumah.

Meski begitu, memesan makanan secara online bukannya tanpa risiko sama sekali. Penularan masih bisa terjadi melalui kemasan yang terpapar virus Covid-19 akibat droplet, maupun saat pembeli atau penjual berinteraksi dengan kurir online.

Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memesan Makanan

Namun banyak yang masih bertanya-tanya, bagaimana memastikan keamanan makanan yang kita pesan secara online?

Pada dasarnya, peluang hidup virus corona pada permukaan benda, seperti plastik atau kemasan makanan, sangat kecil. Sebab medium penularan virus Covid-19 yang utama berasal dari cairan tubuh seseorang yang terinfeksi, seperti cipratan air yang keluar dari hidung atau mulut saat bersin, batuk, atau mengeluarkan napas.

Walau kemungkinan tertular melalui permukaan benda relatif kecil, tak ada salahnya kita berhati-hati.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Berapa Lama Virus Corona Bertahan di Permukaan Benda?

Berikut ini adalah daftar tips yang bisa diaplikasikan saat memesan makanan online lewat aplikasi:

1. Memilih restoran atau gerai yang terpercaya
Salah satu tips pesan makanan yang aman adalah memilih restoran yang terpercaya. Artinya, kita bisa pesan makanan dari restoran yang kita yakini bersih dan sudah pernah dicoba sebelumnya, atau direkomendasikan oleh banyak orang.

Sebaliknya, jika kita belum pernah memesan di restoran tersebut, tak ada salahnya untuk mengecek terlebih dahulu. Salah satunya ialah mengecek lewat akun media sosial seperti Instagram atau lewat review yang terpampang di Google.

Halaman:

Sumber Kompas.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.