Kasus Covid-19 Tinggi hingga 14 Juli, Tambah RS hingga Telemedicine

Kompas.com - 10/07/2021, 07:20 WIB
Petugas pemakam jenazah Covid-19 dari BPBD Samarinda, Kaltim saat mendoakan jenazah sebelum diberangkatkan ke tempat pemakaman Covid-19 di Serayu, Tanah Merah, Samarinda, Kaltim, Kamis (8/7/2021).  Dok. BPBD SamarindaPetugas pemakam jenazah Covid-19 dari BPBD Samarinda, Kaltim saat mendoakan jenazah sebelum diberangkatkan ke tempat pemakaman Covid-19 di Serayu, Tanah Merah, Samarinda, Kaltim, Kamis (8/7/2021). 

KOMPAS.com - Meningkatnya kasus Covid-19 di Indonesia diperkirakan akan terus terjadi sampai 13-14 Juli 2021.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkap lonjakan pasien Covid-19 juga akan mempengaruhi masa inkubasi atau perawatan di rumah sakit atau isolasi mandiri.

Masa perawatan pasien Covid-19 antara 14 hari hingga 21 hari ini dapat membuat kasus konfirmasi harian terus bertambah.

Untuk mengantisipasi terjadinya kolaps dan keterisian rumah sakit hingga batas maksimal, pemerintah berupaya melakukan beragam usaha.

"Saat ini memasuk masa inkubasi, kalau kita mulai tanggal 3 (Juli) saya pikir paling mungkin setelah tanggal 12 kita akan baru melihat dia (kasus) agak slow down, jadi sampai tanggal 13, 14 itu mungkin masih akan tetap naik dan angka itu mungkin bisa naik," kata Luhut mengutip Kompas.com, Senin (5/7/2021).

Baca juga: Luhut Minta Pengadaan Oksigen untuk Pasien Covid-19 Dipercepat

Berikut ini penjelasan luhut mengenai antisipasi lonjakan kasus Covid-19 hingga 14 Juli 2021:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. RS rujukan Covid-19 konversi tempat tidur

Tidak ingin kasus lepas kendali. Luhut meminta semua rumah sakit rujukan Covid-19 melakukan konversi tempat tidur sekitar 30-40 persen untuk perawatan pasien.

Ia menjelaskan langkah ini diambil untuk mengantisipasi lonjakan pasien Covid-19 selama masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat.

2. Tambah rumah sakit

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.