GeNose Tak Berlaku untuk Syarat Perjalanan KA Jarak Jauh Mulai 5 Juli

Kompas.com - 03/07/2021, 14:30 WIB
Salah satu calon penumpang yang sedang melakukan layanan GeNose C19 di stasiun. PT KAISalah satu calon penumpang yang sedang melakukan layanan GeNose C19 di stasiun.

KOMPAS.com - Masyarakat yang menggunakan transportasi kereta api masih dapat memakai tes GeNose sebagai syarat perjalanan pada Sabtu (3/7/2021) dan Minggu (4/7/2021).

Syarat tes Covid-19 GeNose masih berlaku sebelum 5 Juli 2021, sebagaimana disampaikan VP Public Relations PT KAI Joni Martinus.

Hal ini mengacu pada SE Kemenhub Nomor 42 Tahun 2021 tentang petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Perkeretaapian di Masa Pandemi Covid-19.

Artinya, pada 5 Juli 2021, aturan PPKM Darurat akan berlaku, dan tes GeNose tak lagi jadi syarat perjalanan kereta api jarak jauh.

"Pemberlakuannya SE (Kementerian Perhubungan) tersebut mulai tanggal 5 Juli. Hari ini tgl 3 Juli, berarti GeNose masih berlaku," kata Joni saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (3/7/2021) pagi.

Waktu dua hari diberikan oleh Kemenhub sebagai kesempatan bagi operator transportasi dan calon penumpang beralih ke aturan baru.

Jadi, untuk persyaratan perjalanan menggunakan kereta jarak jauh pada hari ini dan esok masih mengacu pada aturan lama, yakni cukup menunjukkan hasil tes Covid negatif/nonreaktif, baik menggunakan RT-PCR, Swab Antigen, maupun GeNose.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baru lah mulai Senin (5/7/2021) hingga 20 Kuli 2021 syarat perjalanan sebagaimana diatur dalam PPKM Darurat benar-benar diterapkan.

Baca juga: Simak, Ini Aturan Terbaru Naik KA Jarak Jauh Selama PPKM Darurat

Syarat perjalanan kereta api

Berikut syarat yang harus dipenuhi oleh penumpang kereta api:

KA Jarak Jauh di Pulau Sumatera

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.