Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Pilihan Jurusan Kuliah dan Prospek Kerjanya untuk Anak IPA dan IPS

Kompas.com - 19/06/2021, 10:00 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Setelah menyelesaikan pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), sebagian orang mungkin akan memilih untuk bekerja. Namun tidak sedikit yang melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya yakni perkuliahan atau perguruan tinggi.

Bagi siswa SMA menentukan jurusan apa yang harus diambil dalam perkuliahan memang seringkali menimbulkan kebingungan. Hal itu lumrah terjadi karena banyaknya pilihan jurusan di bangku kuliah.

Selain itu, dalam menentukan jurusan kuliah, ada banyak hal yang perlu dijadikan pertimbangan. Bukan hanya minat dan kemampuan, namun juga ada pertimbangan prospek kerja setelah lulus dari bangku kuliah.

Baca juga: 10 PTN Penerima Peserta KIP Kuliah Terbanyak di SBMPTN 2021

Karena itu, sebagai referensi, berikut adalah pilihan jurusan kuliah dan prospek kerjanya baik untuk mau yang mengambil peminatan IPA ataupun IPS di bangku SMA.

Jurusan kuliah IPA

Bagi kamu yang mengambil peminatan IPA semasa SMA, berikut adalah beberapa pilihan jurusan kuliah disertai dengan prospek kariernya:

1. Pendidikan kedokteran

Salah satu jurusan terpopuler di peminatan IPA adalah pendidikan kedokteran. Tidak heran persaingan masuk jurusan pendidikan dokter terbilang cukup sulit karena banyaknya peminat.

Setelah lulus dan mendapat gelar dokter, kamu dapat mengabdi sebagai dokter di klinik dan rumah sakit milik pemerintah ataupun swasta.

Jika kamu ingin membuka praktek dokter sendiri, kamu harus mengantongi Surat Tanda Registrasi dan Surat Izin Praktek setelah melalui tahap internship.

Pilihan lainnya adalah melanjutkan studi kedokteran lagi untuk mengambil pendidikan dokter spesialis.

Baca juga: 15 Kampus Terbaik Dunia Versi QS WUR 2022

2. Teknik informatika

Jurusan teknik informatika semakin populer menyusul kemajuan teknologi saat ini. Kebutuhan tenaga di bidang teknik informatika juga semakin bertambah. Oleh karenanya, jurusan teknik informatika termasuk dalam jurusan dengan prospek karier kerja yang menjanjikan.

Beberapa prospek pekerjaan dengan latar belakang pendidikan teknik informatika antara lain programmer, web developer, pembuat aplikasi, software engineer dan lain-lain.

3. Arsitektur

Jika kamu merupakan siswa dengan peminatan IPA namun memiliki ketertarikan pada desain, tidak ada salahnya untuk memilih jurusan arsitektur di bangku kuliah.

Mahasiswa di program studi Arsitektur akan mempelajari desain dan rancangan konstruksi bangunan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com