Agar Tak Alot, Ini Cara Memilih dan Mengolah Cumi

Kompas.com - 19/06/2021, 09:30 WIB
Mengempukkan daging cumi butuh tips khusus, salah satunya menggunakan bantuan air es. Unsplash/Edward HowellMengempukkan daging cumi butuh tips khusus, salah satunya menggunakan bantuan air es.

KOMPAS.com - Cumi adalah bahan makanan laut yang lezat dan banyak digemari semua kalangan. 

Tinta hitam yang ada di dalam tubuh cumi, adalah yang diyakini sebagai bagian paling enak yang bisa menambah gurih dan kelezatan sajian.

Cumi bisa diolah menjadi beragam macam menu. Bisa diiris kecil dan digoreng dalam balutan tepung, dimasak lengkap dengan bumbu tinta hitamnya, atau dibumbu saus asam manis yang jauh dari eneg.

Menyantap cumi adalah kepuasan tersendiri. Namun tidak begitu dengan proses mengolahnya. 

Karena mengolah cumi butuh tips khusus. Jika tak pintar dalam memilih dan mengolah cumi, maka Anda akan mendapatkan sajian cumi dengan daging yang masih alot dan kurang gurih mantap karena bumbu tak bisa meresap.

Baca juga: 4 Tips Cara Mengolah Kacang Merah agar Kandungan Gizinya Tidak Hilang

Cara memilih cumi

Chef Andreas dari Hotel Noorman Semarang mengatakan bahwa untuk mendapatkan sajian yang lezat, Anda harus memilah cumi dengan kualitas yang paling baik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ilustrasi cumi-cumi sudah dibersihkan. PIXABAY/MIGUELPEREDA Ilustrasi cumi-cumi sudah dibersihkan.
"Pertama, pilihlah cumi berwarna kulit putih kelabu dengan bintik-bintik kemerahan di seluruh permukaan kulitnya," begitu papar Chef Andreas kepada Kompas.com, Jumat (18/06/2021).

Kedua perhatikan mata cumi. Cumi yang segar memiliki mata dengan selaput yang masih jernih, tidak keruh.

Kemudian untuk dagingnya sendiri, cumi segar memiliki daging yang masih terasa kenyal jika diraba. Jika daging terasa sangat empuk ketika diraba dengan jari, maka bisa dipastikan cumi tersebut sudah menuju proses pembusukan.

Ciri cumi segar lainnya adalah ia memiliki bau amis yang sewajarnya saja. "Cumi dengan bau menyengat biasanya sudah tak lagi dalam kondisi segar," papar Chef Andreas.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X