[HOAKS] Alyssa Carson Akan Jadi Manusia Pertama di Mars dan Tinggal Selamanya

Kompas.com - 12/06/2021, 20:45 WIB
Ilustrasi hoaks, hoax ShutterstockIlustrasi hoaks, hoax
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Di media sosial Facebook beredar informasi yang menyebutkan bahwa Alyssa Carson tidak bisa menikah dan punya anak karena sedang bersiap untuk menjadi manusia pertama di Planet Mars.

Narasi unggahan juga menyebutkan bahwa dia tidak akan pernah kembali ke Bumi. Salah satu pengunggahnya adalah akun Facebook FIDAHFJA.

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta, informasi yang disebarkan itu dipastikan hoaks atau tidak benar.

Narasi yang beredar

Akun Facebook FIDAHFJA menulis narasi tentang Alyssa Carson seperti utas pada Twitter. Pada awal utas, ia menuliskan Alyssa Carson akan menjadi manusia pertama di Mars dan tidak akan kembali ke Bumi.

Kemudian, di kolom komentar dia melanjutkan ceritanya. Dia menuliskan, Alyssa Carson adalah seorang gadis yang kini tengah dipersiapkan oleh NASA atau badan penerbangan dan antariksa untuk terbang ke Mars.

Tak hanya berkunjung, tetapi Alyssa dikatakan akan tinggal di planet merah itu. Alyssa dijadwalkan berangkat untuk misi manusia ke Mars pada tahun 2033 nanti.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berikut tangkap layar unggahan akun tersebut:

Informasi yang menyebutkan Alyssa Carsson akan menjadi manusia pertama yang ke Mars dan tidak akan kembali ke Bumi. Informasi ini hoaks.Facebook Informasi yang menyebutkan Alyssa Carsson akan menjadi manusia pertama yang ke Mars dan tidak akan kembali ke Bumi. Informasi ini hoaks.

Penelusuran Kompas.com

Tim Cek Fakta Kompas.com menelusuri dengan menggunakan mesin pencari Google dengan kata kunci "is Alyssa Carson going to Mars".

Hasilnya, banyak media memberitakan tentang Alyssa Carson yang berambisi untuk pergi ke Mars.

Salah satunya ditulis Vogue, 21 Maret 2018. Alyssa Carson yang saat itu berusia 17 tahun telah menjalani berbagai pelatihan astronot. Dia berasal dari Baton Rouge, Louisiana, Amerika Serikat.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Berkat konsistensinya, Kompas.com menjadi salah satu dari 49 Lembaga di seluruh dunia yang mendapatkan sertifikasi dari jaringan internasional penguji fakta (IFCN - International Fact-Checking Network). Jika pembaca menemukan Kompas.com melanggar Kode Prinsip IFCN, pembaca dapat menginformasikannya kepada IFCN melalui tombol di bawah ini.
Laporkan
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X