Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Hari Hilang, Pendaki Wanita di Gunung Abbo Berhasil Ditemukan dalam Keadaan Selamat

Kompas.com - 12/06/2021, 07:00 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Seorang pendaki wanita dilaporkan hilang di Gunung Abbo, Kelurahan Leang-leang, Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Pendaki wanita bernama Eva (24) tersebut, dilaporkan hilang sejak Minggu (6/6/2021).

Eva diketahui hilang setelah pamit untuk buang air kecil, tak jauh dari lokasi perumahan warga yang ditempati Eva bersama rekan pendaki lainnya. Berdasarkan informasi yang diterima, Eva berada di Gunung Abbo bersama sembilan rekannya.

Mereka berada di Gunung Abbo sejak Sabtu (5/6/2021) untuk membahas tentang organisasi yang mereka buat.

Baca juga: Ditemukan Selamat di Celah Batu, Ini Cerita Eva Pendaki Perempuan yang Hilang di Gunung Abbo

Kepala Kantor Basarnas Sulsel, Djunaidi mengatakan, usai menerima informasi adanya pendaki yang hilang pihaknya langsung menerjunkan tim SAR untuk melakukan penyisiran di sekitar lokasi Eva dilaporkan hilang.

Untuk menemukan keberadaan Eva, Djunaidi menyebut pihaknya menerjunkan 150 personel SAR gabungan.

Ditemukan dalam keadaan selamat

Usaha pencarian yang dilakukan tim SAR gabungan akhirnya membuahkan hasil. Pada Rabu (9/6/2021), Eva akhirnya berhasil ditemukan. Djunaidi mengatakan, Eva ditemukan dalam keadaan selamat sekitar 2 kilometer dari lokasi awal dirinya dilaporkan hilang.

Eva ditemukan oleh tim SAR gabungan berada di celah bebatuan Gunung Abbo.

“Korban (Eva) sebelum ditemukan, tim SAR gabungan terlebih dahulu menemukan jaket yang digunakan korban. Dari tanda-tanda tersebut, akhirnya Tim SAR gabungan berhasil menemukan Eva di celah bebatuan,” kata Djunaidi saat dihubungi wartawan, Rabu.

Baca juga: Pamit Buang Air Kecil, Pendaki Wanita Hilang di Gunung Abbo Maros Sulsel

Eva diketahui hilang tak lama setelah pamit buang air kecil yang tak jauh dari lokasi perumahan warga yang ditempati oleh kesembilan pendaki lainnya.

Rekan korban yang berada di lokasi langsung memeriksa tempat korban pamit terakhir kali di sekitar sungai, namun hanya ditemukan sandal milik korban.

Merasa berpindah-pindah

Usai berhasil ditemukan, Eva kemudian dievakuasi dan menjalani perawatan di Puskesmas Bantiumurung untuk memulihkan keadaanya. Eva kemudian menceritakan apa yang dialaminya selama empat hari hilang.

Eva (24), mahasiswi pendaki Gunung Abbo Leang-Leang, Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan saat dirawat di RS Bantimurung.Ipda Syarief/Polsek Bantimurung Eva (24), mahasiswi pendaki Gunung Abbo Leang-Leang, Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan saat dirawat di RS Bantimurung.

Ketika ditanya oleh salah seorang aparat kepolisian Sektor Bantimurung, Ipda Syarief, Eva mengaku, dirinya memang pergi setelah pamit buang air. Namun, Eva mengaku mengompol di celana karena dalam keadaan setengah sadar.

Setelah sempat membuka sandalnya yang basah, Eva mundur sebanyak tiga langkah hingga masuk ke dalam goa. Dia pun langsung tertidur di dalam goa. 

Baca juga: 1 Ton Sampah Pendaki Ditemukan di Gunung Gede Pangrango

Keesokan malamnya, dia merasa terbangun dan berpindah lagi ke goa lainnya. Hanya saja, Eva tidak ingat lagi goa tersebut. Hari selanjutnya, ia terbangun lagi dan berada di goa yang berbeda.

“Saya rasa, tiga kali pindah goa. Tapi sebelumnya itu, saya dari sungai. Jadi saat saya tiba di suatu tempat langsung tertidur. Saat saya bangun, saya bertanya pada diri sendiri kenapa saya ada di sini. Jadi serasa tiga kali pindah goa,” kata Eva saat diinterogasi Ipda Syarief di Puskesmas Bantimurung.

(Penulis: Kontributor Makassar, Hendra Cipto | Editor: Khairina)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com