Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Real Food, Citra Kirana Berhasil Turunkan Berat Badan 22 Kg dengan Cara Ini

Kompas.com - 04/06/2021, 07:33 WIB
Retia Kartika Dewi,
Inggried Dwi Wedhaswary

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Aktris Citra Kirana menceritakan bahwa ia berhasil menurunkan berat badan sebanyak 22 kilogram dalam beberapa bulan setelah melahirkan pada bulan Agustus 2020.

Saat hamil, berat badan Citra sempat bertambah 31 kilogram. Setelah melahirkan, ia ingin mengembalikan berat badannya ke angka ideal.

Cerita soal berat badannya yang telah turun 22 kilogram dibagikan Citra melalui akun Instagram-nya, @citraciki.

Baca juga: Rekomendasi dan Tips Diet untuk Usia 40 Tahun

"Sudah turun 22kg happy banget udah agak tirusan lagii sekarang???? tinggal 9kg lagi nih untuk balik ke bb normal akuu...bissaaaalaaaahh yaaa kudu semangaatt," tulis Citra dalam unggahannya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Citra Kirana (@citraciki)

Ia juga membagikan tips untuk menurunkan berat badan bukan karena diet, melainkan karena mengonsumsi real food.

Apa itu real food?

Dokter spesialis Gizi Klinik, dr Dian Permatasari, SpGK, mengatakan, real food yang dimaksud Citra adalah mengonsumsi makanan utuh atau secara alami tanpa proses pemasakan berlebih.

"Real food itu yang dimaksud makanan utuh, makanan alami, jadi pemrosesan yang sangat sedikit, seperti raw food, makanan-makanan mentah saja. Jadi, minim pemrosesan," ujar Dian saat dihubungi Kompas.com, Kamis (3/6/2021).

Orang yang menjalani metode real food, kata Dian, berarti tidak mengonsumsi makanan-makanan yang diproses atau dimasak terlalu lama.

Jika makanan itu berbentuk sayur-mayur atau buah-buahan, mereka yang menerapkan real food akan mencucinya dengan bersih dan langsung dikonsumsi.

Baca juga: Mengenal Manfaat Real Food, Kunci Dewi Hughes Turunkan Berat Badan

Bagaimana jika ingin makan daging atau sea food?

Selain sayur dan buah, manusia juga membutuhkan gizi dan nutrisi dari hewani, seperti daging atau makanan laut.

Dian mengatakan, mereka yang memilih real food juga diperbolehkan mengonsumsi daging, dengan penyajian yang tidak overcooked.

"Jadi dagingnya tetap matang, tapi matang yang seharusnya. Bisa dalam bentuk steak dengan tingkat kematangan medium sampai welldone, jangan sampai gosong atau terlalu matang," ujar Dian.

"Untuk sea food, prinsipnya kalau dari laut kan ada kandungan merkurinya, itu harus dicuci bersih dan direbus," lanjut dia.

Manfaat lain dari real food

Dian menjelaskan, berdasarkan penelitian dan artikel kesehatan yang diketahuinya, real food memiliki manfaat lain untuk kesehatan tubuh.

Sebab, makanan yang dikonsumsi secara langsung masih tinggi serat, kaya akan nutrisi, dan masih segar, jika dibandingkan dengan makanan yang telah diproses.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com