Kompas.com - 30/05/2021, 12:30 WIB
Ilustrasi jalan kaki SHUTTERSTOCKIlustrasi jalan kaki

KOMPAS.com - Sebuah penelitian baru menemukan, mengambil lebih banyak langkah setiap hari dapat membantu hidup lebih lama.

Hasil studi yang dipresentasikan oleh Asosiasi Jantung AS itu menyebutkan, orang yang banyak berjalan setiap harinya memiliki risiko kematian jauh lebih rendah daripada mereka yang kurang aktif.

Bukti sebelumnya telah menemukan bahwa berjalan kaki memiliki berbagai efek kesehatan yang positif, mulai dari perbaikan kardiovaskular, kualitas tidur yang lebih baik, dan peningkatan kesehatan mental.

"Jalan kaki adalah bentuk olahraga sedang yang termudah dan termurah. Selain sepatu yang mendukung, tidak memerlukan peralatan khusus," kata spesialis kedokteran olahraga Yale Medicine Dr Elizabeth Gardner, dikutip dari Healthline.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Road Bike di Tengah Wacana Jalur Sepeda Tol Dalam Kota...

"Anda tidak perlu memaksakan diri untuk berkeringat untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bahkan tidak memerlukan pakaian khusus," sambungnya.

Para peneliti mengevaluasi 16.732 wanita berusia 60 tahun ke atas yang mengenakan penghitung langkah di pinggang mereka antara 2011 dan 2015.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Langkah setiap peserta dibagi menjadi dua kelompok, yaitu jalan lebih panjang yang berlangsung setidaknya 10 menit dan jalan singkat, seperti naik tangga atau berjalan ke mobil.

Baca juga: Apakah Olahraga di Malam Hari Baik bagi Tubuh?

Penurunan risiko dan tekanan darah tinggi

 

Para peneliti menindaklanjuti peserta penelitian rata-rata selama 6 tahun, hingga 2019.

Mereka mengidentifikasi penurunan 32 persen kematian di antara mereka yang mengambil setidaknya 2.000 langkah sehari.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.