Apakah Olahraga di Malam Hari Baik bagi Tubuh?

Kompas.com - 08/11/2020, 19:27 WIB
Ilustrasi olahraga malam microgenIlustrasi olahraga malam

KOMPAS.com - Melakukan olahraga di pagi atau sore hari sudah biasa dilakukan masyarakat pada umumnya. Akan tetapi bagaimana dengan olahraga malam?

Saat seseorang berolahraga biasanya akan keluar keringat. Apakah baik jika berkeringat pada malam hari?

Dikutip laman Harvard, April 2019, menurut sebuah studi yang diterbitkan 29 Oktober 2018 di Sports Medicine, Anda dapat berolahraga di malam hari selama Anda menghindari aktivitas berat setidaknya satu jam sebelum tidur.

Para peneliti memeriksa 23 studi yang mengevaluasi permulaan dan kualitas tidur pada orang dewasa sehat yang melakukan satu sesi olahraga malam dibandingkan dengan orang dewasa serupa yang tidak melakukannya.

Baca juga: Olahraga Malam Hari Ampuh Atasi Hipertensi pada Pria

Membantu tidur nyenyak

Mereka menemukan bahwa olahraga malam membantu orang tertidur lebih cepat dan menghabiskan lebih banyak waktu untuk tidur nyenyak.

Namun, mereka yang melakukan latihan intensitas tinggi (seperti latihan interval) kurang dari satu jam sebelum tidur membutuhkan waktu lebih lama untuk tertidur dan memiliki kualitas tidur lebih buruk.

Adapun kesimpulan dari penelitian tersebut adalah berolahraga secara teratur setiap saat sepanjang hari dapat ditambahkan ke daftar kebiasaan Anda. Tetapi hindari aktivitas fisik yang berat di malam hari.

Menurunkan berat badan

Dilansir Time, (27/2/2019), olahraga malam hari juga dapat membantu seseorang untuk menurunkan berat badan.

Sebuah makalah tahun 2019 yang diterbitkan dalam jurnal Experimental Physiology menemukan bahwa olahraga di malam hari tidak mengganggu tidur.

Selain itu, seiring waktu juga dapat mengurangi kadar hormon ghrelin yang merangsang rasa lapar dan dapat membantu menurunkan atau mengelola berat badan.

Baca juga: Apa Efeknya bagi Kesehatan kalau Sering Olahraga Malam-malam?

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X