Kompas.com - 23/05/2021, 15:30 WIB
Ilustrasi SMS ShutterstockIlustrasi SMS

KOMPAS.com - Penipuan melalui sms dan telepon datang silih berganti hari demi hari.

Penipuan melalui telepon seluler ini bisa mengatasnamakan banyak pihak, dengan modus yang berbeda-beda. Salah satunya dengan menawarkan hadiah undian dari perbankan atau dari marketplace.

Pemberitahuan yang terlihat menggiurkan ini sering datang lewat pesan singkat seluler atau SMS. Tawaran ini hanya pancingan, yang nantinya akan membujuk para korban untuk memberitahukan nomor rekening atau malah nomor PIN ATM.

Meski beberapa dari kita sudah menyadari bahwa itu penipuan dan tak menggubrisnya, namun SMS dan dering telepon yang berdatangan tanpa henti ini tentu saja sangat mengganggu.

Untuk menghentikan gangguan ini, sebaiknya Anda melakukan pengaduan atau pelaporan ke Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI).

Cara melaporkan telepon penipuan ini tidaklah sulit. Cukup sertakan bukti, dan nomor yang mengganggu itu akan segera diblokir.

Baca juga: Waspada Penipuan Investasi Berkedok Aset Kripto

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Alur pengaduan

BRTI telah menerbitkan Ketetapan (TAP) BRTI Nomor: 04 Tahun 2018 tentang Penanganan Pengaduan Penyalahgunaan Jasa Telekomunikasi.

Ketetapan ini juga mengatur sanksi atas penyalahgunaan jasa telekomunikasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab atau yang bermaksud melakukan penipuan.

Beberapa gangguan yang bisa dilaporkan adalah telepon atau SMS yang bersifat menganggu dan atau yang tidak dikehendaki.

Berikut adalah cara melaporkan sms penipuan, seperti yang dilansir di laman Kominfo.

Baca juga: Dukung UMKM, Kominfo Adakan Digital Entrepreneurship Academy

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.