Kompas.com - 14/05/2021, 19:30 WIB
Fakta unik di belakang Idul Fitri Unsplash/Simon InfangerFakta unik di belakang Idul Fitri

KOMPAS.com - Banyak orang yang tak tahu bahwa di balik perayaan kemenangan Idul Fitri ada beragam fakta yang menarik untuk dikulik.

Hari besar umat muslim ini diawali dengan puasa selama sebulan penuh, kemudian tepat di 1 Syawal, seluruh umat muslim akan merayakan kemenangan. 

Selama dua hari lamanya, umat muslim akan luruh ke dalam gegap gempira perayaan ini. Mulai dari silaturahmi dan saling maaf-memaafkan.

Melansir dari berbagai sumber, berikut beberapa fakta menarik dari hari raya umat muslim ini.

Baca juga: 5 Topik Sensitif yang Pantang Dibicarakan Saat Silaturahmi Idul Fitri

1. Festival menutup puasa

Ilustrasi lebaran.SHUTTERSTOCK/CREATIVA IMAGES Ilustrasi lebaran.
Dalam laman BBC disebutkan bahwa Idul Fitri, atau dalam bahasa Inggris disebut Eid al-Fitr, diterjemahkan sebagai festival menutup atau menyudahi puasa. 

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seperti dimulainya 1 Ramadhan yang menggunakan penanda munculnya bulan baru, begitu pula dengan tanggal 1 Syawal. Dimana di Indonesia ditentukan dengan melihat hilal, atau bulan sabit muda pertama yang muncul di angkasa.

2. Waktu shalat Id yang berbeda-beda

Di berbagai penjuru dunia, waktu menunaikan shalat Id ini berbeda-beda. Di Timur Tengah misalnya, shalat Id dilakukan berdekatan dengan shalat subuh yang dilakukan di awal hari.

Sedangkan di Inggris, shalat Id dilakukan sekitar pukul 7 pagi hari.

Baca juga: KRL Yogyakarta-Solo Tetap Beroperasi saat Libur Lebaran

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X