Kisah WNI yang Rayakan Lebaran di Jepang, Membandingkan Hokkaido dan Kyoto

Kompas.com - 14/05/2021, 12:00 WIB
Aprilia Maharani (27) berfoto bersama sakura di Kyoto, Jepang. Aprilia Maharani (27)Aprilia Maharani (27) berfoto bersama sakura di Kyoto, Jepang.

KOMPAS.com - Lebaran merupakan hari istimewa yang ditunggu oleh umat Muslim di dunia. Perayaan Idul Fitri biasanya dilakukan dengan menyantap makanan khas Idul Fitri dan berkumpul bersama keluarga.

Namun, di tahun ini Idul Fitri dirayakan di tengah pandemi corona.

Beberapa orang yang merantau memilih tidak pulang kampung demi mencegah penularan virus corona.

Baca juga: Aturan dan Keutamaan Puasa Syawal bagi Seorang Muslim

Lebaran di Jepang

Salah satu, perantau yang tidak pulang yakni Aprilia Maharani (27). Ia merupakan seorang mahasiswi magister jurusan Medicine (Kedokteran) di Kyoto University, Jepang.

Aprilia menceritakan bahwa ini merupakan Lebaran kedua saat dirinya berada di luar negeri.

"Lebaran sebelumnya udah pernah di luar negeri juga, dulu pas di Hokkaido," ujar Aprilia saat dihubungi Kompas.com, Rabu (12/5/2021).

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia menceritakan, ketika merayakan Lebaran di Hokkaido, umat Muslim yang ada di Jepang masih banyak ditemui.

Selain itu, Lebaran di tahun lalu bertepatan dengan akhir pekan, sehingga masyarakat ramai untuk makan-makan atau sekadar berkumpul bersama teman.

Mengenai kegiatan yang dilakukan saat Lebaran di Jepang, Aprilia mengatakan, biasanya rombongan yang belum menikah bertamu ke rumah orang yang sudah berkeluarga.

Tak hanya itu, WNI yang berada di Jepang juga kerap menyajikan berbagai macam masakan saat merayakan Lebaran.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X