10 Negara yang Masih Bebas Covid-19 Setelah Setahun Lebih Pandemi

Kompas.com - 10/05/2021, 15:15 WIB
Pemandangan salah satu pantai di Atiu, Kepulauan Cook (dok. Instagram @cookislands). dok. Instagram @cookislandsPemandangan salah satu pantai di Atiu, Kepulauan Cook (dok. Instagram @cookislands).

 

KOMPAS.com - Sejumlah negara menghadapi gelombang baru virus corona yang jauh lebih buruk dari sebelumnya, seperti terjadi di India.

Namun di belahan dunia lain, beberapa negara berhasil mencegah pandemi Covid-19 sampai saat ini.

Sebagian besar dari negara itu merupakan pulau-pulau di Samudera Pasifik dan Atlantik yang hanya berbatasan dengan laut.

Kendati demikian, hal itu tidak menutup kemungkinan bahwa beberapa negara mungkin telah memiliki kasus Covid-19 tapi tak terdeteksi.

Baca juga: Hingga Hari Ini, 158 Juta Orang Terinfeksi Virus Corona di Dunia

Berikut 11 negara yang tidak melaporkan kasus Covid-19, dikutip dari US News:

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Kepulauan Cook

Terdiri dari 15 pulau kecil, Kepulauan Cook merupakan negara kepulauan yang terletak di Pasifik Selatan, kebih dari 3.218 kilometer timur laut Selandia Baru.

Negara itu dilaporkan telah mencegah virus keluar dengan karantina wajib saat masuk, dan untuk sementara melarang kapal rekreasi dari pelabuhannya, termasuk kapal pesiar.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Cook Islands (@cookislands)

2. Kiribati

Kiribati terletak sekitar 3.000 kilometer barat daya Hawaii. Negara ini merupakan satu-satunya negara yang terletak di keempat belahan bumi.

Kiribati memberlakukan pembatasan perjalanan untuk memerangi Covid-19 sejak dini. Hal itu dipermudah dengan minimnya maskapai penerbangan yang melakukan perjalanan ke negara terpencil itu.

3. Nauru

Nauru merupakan negara terkecil ketiga di dunia berdasarkan ukuran wilayah. Dengan luas wilayah hanya 13 kilometer persegi, Nauru adalah rumah bagi polulasi terkecil di dunia dengan 10.000 penduduk.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X