Kompas.com - 10/05/2021, 14:00 WIB
Ilustrasi kartu BPJS Kesehatan ShutterstockIlustrasi kartu BPJS Kesehatan

KOMPAS.com - Lebaran di ambang mata. Beberapa fasilitas pelayanan publik akan tutup sementara di hari libur Lebaran.

Termasuk di dalamnya adalah fasilitas kesehatan. Tentu saja ini berdampak bagi masyarakat yang jatuh sakit di hari raya. Masyarakat harus mencari fasilitas pelayanan kesehatan yang buka, yang terdekat dengan domisilinya.

Hal ini berdampak pula bagi masyarakat yang menjadi peserta JKN-KIS. Karena beberapa Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama atau FKTP, kemungkinan akan tutup selama hari libur Lebaran.

Lantas apa yang bisa dilakukan?

Baca juga: Apa Saja Manfaat Jadi Peserta BPJS Kesehatan? Ini Daftarnya

Layanan BPJS Kesehatan di libur Lebaran

Menurut I Gusti Ayu Mirah S, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Semarang, peserta JKN-KIS dapat memperoleh pelayanan kesehatan pada FKTP di tempat peserta terdaftar.

Apabila FKTP di tempat peserta terdaftar tidak beroperasi di waktu tersebut, maka peserta dapat memperoleh pelayanan kesehatan pada FKTP terdekat lain yang membuka pelayanan kesehatan. 

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk mencari tahu daftar FKTP yang beroperasi bisa dengan cara mengakses BPJS Kesehatan Care Center di 1 500 400.

Selain datang langsung ke FKTP, masyarakat peserta JKN-KIS juga bisa mendapatkan pelayanan kontak tidak langsung atau telekonsultasi, dengan menceritakan keluhan yang diderita.

Layanan ini adalah layanan yang diprioritaskan oleh BPJS Kesehatan selama masa pandemi Covid-19.

Layanan telekonsultasi ini bisa melalui didapatkan dengan cara mengakses aplikasi Mobile JKN, telepon, serta berbagai platform pesan singkat seperti WhatsApp dan Telegram.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X