Kompas.com - 10/05/2021, 11:30 WIB
Ilustrasi anak bermain di kamar. PIXABAY/VICTORIA BORODINOVAIlustrasi anak bermain di kamar.

KOMPAS.com - Tinggal beberapa hari lagi menuju Lebaran. Selain mempersiapkan bekal menu hari raya, persiapkan pula bekal obat-obatan untuk penanganan kecelakaan-kecelakaan domestik pada anak.

Bekal obat harus selalu digenggam oleh para orang tua yang memiliki buah hati usia anak-anak. 

Karena di hari Lebaran, yaitu selama dua hari berturut-turut, berbagai pusat kesehatan umum biasanya akan tutup.

Kecuali rumah sakit besar, yang selalu membuka ruang IGD-nya yang dijaga oleh para dokter jaga.

Menurut dr. Kurniawan Satria Denta, MSc, Sp.A, setiap tahunnya IGD rumah sakit selalu kedatangan pasien anak-anak dengan berbagai macam keluhan kesehatan.

Mulai dari kecelakaan domestik seperti terbakar hingga keracunan makanan-makanan yang tersaji di hari raya.

Baca juga: Ukuran Dosis Obat Anak Sebaiknya dalam Unit Metrik

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kecelakaan domestik di hari Lebaran

Ilustrasi anak sakitSHUTTERSTOCK Ilustrasi anak sakit
Menjelang hari raya, orang tua biasa terfokus mengurus berbagai persiapan menu dan pernak-pernik Lebaran. Hingga terkadang, anak-anak yang masih di bawah umur ini terlepas dari pengamatan yang biasanya super ketat.

Menurut spesialis anak dari RSUP Dr Sardjito Yogyakarta itu, setiap tahun selalu saja ada anak masuk ke ruang IGD dengan berbagai macam kondisi akibat kecelakaan domestik.

"Yang paling banyak adalah luka bakar akibat petasan juga kembang api. Anak-anak yang tak diawasi penuh, biasanya akan ikut arus bermain petasan dengan teman-temannya," ujar Kurniawan Denta kepada Kompas.com, Minggu (09/05/2021) petang.

Kasus luka bakar juga banyak terjadi akibat kelalaian dari pengawasan orang tua di dalam rumah. Seperti luka bakar tersiram air panas atau minyak dari masakan, atau luka bakar karena menyentuh arus listrik.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X