Kompas.com - 07/05/2021, 08:05 WIB
Krisdayanti di Indonesian Idol Special Season YouTube Indonesian IdolKrisdayanti di Indonesian Idol Special Season

KOMPAS.com - Perawatan kulit wajah yang dilakukan Krisdayanti dengan menggunakan ekstrak DNA ikan salmon, kembali menjadi perbincangan.

Melalui akun Instagramnya, penyanyi yang akrab disapa KD itu menjelaskan seperti apa perawatan DNA ikan salmon yang dijalaninya.

KD diketahui sudah melakukan perawatan tersebut sejak 2019.

Baca juga: Mengenal Penyakit Autoimun seperti yang Dialami Ashanty

Terkait dengan biaya, menurut KD tidak mahal dan terjangkau. Estimasi biaya perawatan tersebut Rp 7-15 juta per kunjungan, jika tidak mengambil paket treatment.

 

Perawatan itu diklaim membuat KD semakin segar dan terlihat awet muda bahkan di usianya yang sudah menginjak 46 tahun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ekstrak DNA salmon merupakan salah satu teknik untuk membantu regenerasi kulit, mempercepat proses pembentukan kolagen, terutama penyembuhan bekas jerawat berupa scars atau berupa bopeng atau yang berwarna merah," kata Krisdayanti di akun @krisdayantilemos.

Baca juga: Berbahayakah Tidur dengan Kipas Angin Menyala Sepanjang Malam?

Lantas, seperti apa perawatan yang menggunakan ekstrak DNA ikan salmon tersebut?

Dosen Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) yang juga dokter spesialis kulit di RSUD Prof dr Margono Soekarjo Purwokerto, dr Ismiralda Oke Putranti menjelaskan, perawatan dengan DNA salmon itu disebut Polydeoxyribonucleotide (PDRN)

"PDRN merupakan obat yang dikenal memiliki efek perbaikan jaringan, anti-iskemia dan anti peradangan yang berasal dari DNA sperma ikan salmon Oncorhynchus mykiss (Salmon Trout) or Oncorhynchus keta (Chum Salmon) yand dipurifikasi dan disterilisasi," kata Ismiralda kepada Kompas.com, Kamis (6/5/2021).

Ia pun membenarkan pernyataan KD, yang menegaskan bahwa ekstrak DNA salmon dapat membantu regenerasi kulit, mempercepat proses pembentukan kolagen, terutama penyembuhan bekas jerawat berupa scars atau berupa bopeng atau yang berwarna merah.

"Memang bisa. Efek dari pemberian DNA salmon ini merangsang pembentukan kolagen yang penting dalam perawatan scar salah satunya pada akibat jerawat. DNA salmon ini juga memberikan efek tampilan kulit yang lebih baik," tuturnya.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Jerawat di Punggung

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X