Kompas.com - 23/04/2021, 18:30 WIB
Kompleks Masjidil Aqsa Unsplash/Sander CrombachKompleks Masjidil Aqsa

KOMPAS.com - Masjidil Aqsa memiliki banyak nama lain. Ada yang menyebutnya Masjid Al Aqsa, Baitulmaqdis, Bait Suci, bahkan ada juga yang menyebutnya dengan nama Al Haram Asy Syarif.

Al Aqsa adalah kompleks masjid seluas 144.000 meter persegi yang berada di Kota Lama Yerusalem. Di dalam Al Aqsa, ada empat bangunan tempat salat.

Bangunan terbesar yang berkubah emas adalah Qubbatus Saqara atau sering pula disebut dengan nama Dome of The Rock. Bangunan inilah yang sering disalahartikan sebagai masjid Al-Jami' Al Aqsha. 

Dalam komplek Masjidil Aqsa ada beberapa bangunan penting yang menjadi tempat bersejarah umat muslim.

Yaitu Al-Jami al Aqsha yang berkubah abu-abu, Kubah Ash-Shakrah atau Dome of The Rock, Mushalla Al Mawarni, Kubah Al-Mi'raj, Kubah As-Silsilah, Kubah An-Nabi, dan beberapa bangunan lain.

Baca juga: Ramadhan di Yerusalem Tahun Ini, 11.000 Orang Tarawih di Masjid Al Aqsa

Selain fakta-fakta di atas, ada beberapa fakta lagi yang melatarbelakangi sejarah Masjidil Aqsa. 

1. Tempat suci ketiga setelah Mekkah dan Madinah

Bagi umat muslim, Masjidil Aqsa adalah tempat suci ketiga setelah Mekkah dan Madinah. Hal ini dikaitkan dengan peristiwa Isra Miraj, dimana Nabi Muhammad naik ke surga dengan berpijak pada batu yang sekarang berada di pusatnya Kubah Ash-Shakrah atau Dome of The Rock.

Melansir dari Reuters, Dome of The Rock juga bangunan penting bagi umat Yahudi dan Nasrani. Karena batu di dalam masjid tersebut, dipercaya sebagai batu tempat Nabi Ibrahim akan mempersembahkan Ismail.

Dome of The Rock, salah satu masjid yang ada di Masjidil AqsaUnsplash/Rohith Goura Dome of The Rock, salah satu masjid yang ada di Masjidil Aqsa

2. Masjidil Aqsa juga merupakan kompleks pemakaman

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.