Kompas.com - 16/04/2021, 19:32 WIB
Ilustrasi patah hati SHUTTERSTOCKIlustrasi patah hati

KOMPAS.com – Cinta ditolak, ditinggal saat masih sayang-sayangnya, atau diselingkuhi adalah sejumlah kondisi yang bisa menyebabkan seseorang mengalami patah hati.

Adakalanya patah hati membuat orang yang mengalaminya menjadi tak bergairah ketika melakukan sesuatu, ada rasa kecewa, marah, dan mungkin sedih yang tak kunjung berkesudahan.

Situasi dan kondisi psikologis seperti ini pasti mengganggu dan bisa merusak kualitas keseharian.

Baca juga: Perusahaan di Jepang Memiliki Cuti Patah Hati dengan Berbagai Versi, seperti Apa Ceritanya?

Apa yang harus dilakukan saat mengalami patah hati, dan mengatasi rasa sedih atau terpuruk?

Psikolog dari Universitas Indonesia (UI), Dr Rose Mini Agoes Salim, akrab disapa Bunda Romi, mengatakan, perasaan marah, sedih, atau terpuruk saat gagal dalam sebuah hubungan adalah hal yang wajar.

Menurut dia, hal ini terjadi karena ketika dalam sebuah hubungan, akan timbul perasaan sudah “terbiasa” dengan pasangan.

“Manusia itu kan sebetulnya sulit beradaptasi. Saat sesuatu itu sudah dipegang, ya itu terus. Tapi pada waktu patah hati permasalahaannya ada yang disakiti. Misal, satu ditinggal oleh yang satu. Kalau yang meninggalkan beda ya, ada reasoning. Tapi kalau yang ditinggalkan mungkin akan bertanya, kenapa ini terjadi, kenapa terjadi sama saya, salah saya apa, dan sebagainya. Dan itu mungkin yang membuat seseorang jadi galau sedih dan sebagainya,” ujar Romi saat dihubungi Kompas.com, Jumat (16/4/2021).

Romi mengatakan, logis ketika menyudahi hubungan dengan seseorang akan ada perasaan emosional.

Cara untuk mengatasi berbagai emosi yang muncul saat patah hati, kata Romi, dengan menerima seluruh perasaan kesal, sedih, dan berbagai perasaan yang timbul.

Ia menekankan, jangan ada upaya untuk terus menolak situasi yang ada. 

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X