Cara Membersihkan Juicer agar Sisa Sayur dan Buah-buahan Hilang Tuntas

Kompas.com - 16/04/2021, 16:30 WIB
Ilustrasi juicer Getty ImagesIlustrasi juicer

KOMPAS.com - Juicer rawan kotor karena sisa-sisa makanan yang terproses di dalamnya. Apalagi jika buah dan sayur yang ada berpigmen kuat atau beraroma menyengat.

Juicer lebih besar dari blender dan memiliki sebuah tabung. Di dalam tabung ada semacam tongkat pendorong yang fungsinya mendorong buah dan sayur turun ke bawah untuk diproses diambil sarinya.

Tabung milik juicer ada 2, yaitu tabung untuk ampas dan tabung untuk sari buah. Di antara keduanya terdapat saringan yang fungsinya memisahkan sari buah dengan biji buah-buahan.

Varian juicer sendiri makin berkembang. Namun apapun seri juicer yang Anda pilih, Anda hendaknya membersihkannya secara rutin agar juicer awet dan tak jadi sarang penyakit.

Karena sisa-sisa makanan yang mengendap dan terselip di kisi-kisi komponen bisa membusuk dan mengundang bakteri serta kuman.

Baca juga: 5 Cara Bersihkan Blender dari Bekas Kunyit, Dicuci Saja Tidak Cukup

Berikut adalah cara membersihkan juicer seperti dilansir dari The Spruce:

1. Siapkan peralatan yang dibutuhkan.

Untuk membersihkan juicer, Anda perlu menyiapkan spons yang lembut dan tidak bertekstur kasar, sikat botol, spatula, deterjen pencuci piring, 1 sendok makan baking soda dan 1 sendok makan cuka.

Illustrasi spons cuci piringPixabay/CongerDesign Illustrasi spons cuci piring

2. Bersihkan sisa buah dan sayur

Dengan menggunakan spatula, bersihkan atau kerok seluruh sisa-sisa bahan makanan yang ada di seluruh komponen juicer.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X