Ingin Membuat Kolak Pisang yang Legit Sempurna? Ini Cara Memilah dan Mengolah Pisang yang Benar

Kompas.com - 16/04/2021, 14:30 WIB
Ilustrasi kolak pisang. Dok. Sajian SedapIlustrasi kolak pisang.

KOMPAS.com - Indonesia adalah salah satu negara produsen pisang terbesar di dunia. Ada sekitar 230 varietas pisang yang tersebar di Sumatra, Jawa dan Bali.

Pisang adalah buah tak mengenal musim sehingga bisa terus dikonsumsi kapan saja. Berdasarkan jenisnya, pisang juga fleksibel diolah menjadi beragam olahan pangan. 

Ada pisang yang cocok diolah menjadi keripik. Ada yang lebih cocok diolah menjadi kue. Dan ada yang cocok diolah menjadi kolak untuk sajian takjil bulan Ramadhan.

Kolak sendiri sebenarnya bisa terbuat dari beragam isian, mulai dari pisang, ubi, hingga labu. Namun kolak yang paling banyak dibuat di bulan Ramadhan adalah kolak pisang yang legit menggoda.

Terkadang, kolak pisang juga diberi tambahan isian berupa kolang kaling. Atau ada pula yang memadukan isian antara pisang dan umbi-umbian.

Lantas pisang jenis apa yang paling cocok diolah menjadi kolak? Dan bagaimana cara memilih pisang yang berkualitas?

Baca juga: Cara Simpan Pisang yang Hampir Busuk di Freezer, Modal Bikin Camilan

Cara memilih pisang berkualitas

Berikut adalah tips yang bisa Anda jadikan panduan.

1. Perhatikan tandan pisangnya

Tandan adalah tangkai panjang pada buah-buahan yang bergugus seperti pisang. Lebih jelasnya, tandan adalah ujung tangkai yang menghubungkan buah dengan tangkai utama pisang.

Ilustrasi tandan pisangUnsplash/ Anastasia Eremina Ilustrasi tandan pisang

Menurut Chef Bambang Sutikno dari Hotel Horison Tasikmalaya, kondisi tandan bisa dijadikan barometer kesegaran buah pisang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X