Pesona Kerlap-Kerlip Kunang-kunang

Kompas.com - 16/04/2021, 09:33 WIB
Ilustrasi kunang-kunang SHUTTERSTOCK/FER GREGORY Ilustrasi kunang-kunang

KUNANG-kunang memiliki pesona keajaiban tersendiri baik secara biologis, ekologis mau pun sastra-musikalis.

Biologis

Secara biologis, kunang-kunang memiliki sifat istimewa yaitu dari dalam tubuhnya sendiri mampu mengeluarkan sinar cahaya ultra-violet dan infra-merah bukan panas tetapi sejuk sampai seperdelapanpuluhribu (1/80.000) panas api sebuah lilin.

Kunang-kunang adalah mahluk bersayap tergolong Lamprydae sebagai keluarga serangga ordo Coleoptera.

Panjang tubuh kunang-kunang bisa sampai 2,5 sentimeter. Diduga lebih dari 2000 jenis kunang-kunang tersebar di berbagai pelosok planet bumi terutama di kawasan tropis dan sub-tropis.

Daya mengeluarkan cahaya dari dalam tubuh hidup disebut sebagai bioluminenscence sementara organ pemancar cahaya berada di bawah abdomen merupakan perpaduan enzyme dengan luciferase mengoksidasi lemak luciferin penghasil cahaya.

Bahkan larva kunang-kunang juga bersinar. Apabila tubuh kunang-kunang (maaf) dihancurkan maka zat kimia yang mengandung phosporus secara mandiri masih mampu mengaluarkan sinar cahaya sampai batas waktu tertentu.

Suatu fenomena yang tentu menarik perhatian para pemercaya kehidupan setelah kematian akibat bisa dianggap sebagai fakta saintifik yang membenarkan kepercayaan mereka.

Kunang-kunang mendayagunakan cahaya sebagai bahasa mencari pasangan untuk berkembang biak meski ada pula betina Photuris menggunakan cahaya untuk memikat kunang-kunang jantan untuk dimangsa lalu dimakan.

Ekologis

Secara ekologis, kunang-kunang memiliki makna tersendiri terhadap alam di planet bumi ini. Saya masih ingat bahwa di masa kanak-kanak saya sering melihat kunang-kunang.

Namun kini saya nyaris hampir tidak pernah melihat kunang-kunang di kawasan urban baik di Indonesia mau pun di mancaneragara. Seolah kunang-kunang menjadi jenis satwa yang hanya dikenang sebab sudah nyaris punah di planet bumi ini.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X