Beda Air Gun dengan Airsoft Gun yang Digunakan Zakiah Aini dan Koboi Fortuner

Kompas.com - 04/04/2021, 17:15 WIB
Tangkapan layar video pengendara mobil Fortuner mengacungkan senjata ke pengendara lain di kawasan Duren Sawit, Jakarta Pusat, Jumat (2/4/2021). DOKUMENTASI PRIBADITangkapan layar video pengendara mobil Fortuner mengacungkan senjata ke pengendara lain di kawasan Duren Sawit, Jakarta Pusat, Jumat (2/4/2021).

KOMPAS.com - Beberapa hari lalu, media sosial diramaikan dengan video seorang pengemudi mobil Fortuner yang menodongkan senjata ke pengendara lain.

Insiden itu bermula setelah pengendara Fortuner menyenggol pengendara motor hingga jatuh. Warga yang mengetahui kejadian itu langsung memberhentikan laju kendaraan pelaku dan menegurnya.

Namun, pelaku justru mengeluarkan sebuah senjata dan menodongkan ke pengendara lain.

Baca juga: Fakta soal Aksi Koboi Pengemudi Fortuner di Duren Sawit

Belakangan diketahui bahwa senjata itu berjenis airsoft gun.

Tak lama sebelumnya, publik juga digemparkan dengan serangan pelaku teror ke Mabes Polri yang kemudian diketahui pelakunya bernama Zakiah Aini. 

Senjata yang digunakan terduga teroris Zakiah Aini di Mabes Polri pada Rabu (31/3/2021) diidentifikasi senjata jenis airgun.

Lantas, apa bedanya airsoft gun dengan air gun?

Beda air gun dan airsoft gun

Senjata airgun yang disita polisi dari pengemudi KIA Picanto berinsial R (39) yang melakukan aksi koboi dengan menembak pengendara lain di Jalan Tol JORR km 11 wilayah Cipayung, Jakarta Timur. Kamis (30/7/2015).Kompas.com/Robertus Belarminus Senjata airgun yang disita polisi dari pengemudi KIA Picanto berinsial R (39) yang melakukan aksi koboi dengan menembak pengendara lain di Jalan Tol JORR km 11 wilayah Cipayung, Jakarta Timur. Kamis (30/7/2015).

Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Persatuan Menembak dan Berburu Indonesia (Perbakin) Firtian Judiswandarta menjelaskan mengenai perbedaan dua jenis senjata itu.

Menurut Firtian, air gun merupakan senjata angin dengan tekanan tinggi, sementara airsoft gun memiliki tekanan lebih rendah.

Sleian itu, jenis peluru yang digunakan keduanya pun berbeda.

"Air gun menggunakan peluru kaliber 177/4.5-5.5 mm, itu terbuat dari timah," kata Firtian saat dihubungi Kompas.com, Minggu (4/4/2021).

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X