Kompas.com - 04/04/2021, 16:40 WIB
Ilustrasi hujan lebat disertai angin kencang akibat cuaca ekstrem. SHUTTERSTOCK/CHOKCHAI POOMICHAIYAIlustrasi hujan lebat disertai angin kencang akibat cuaca ekstrem.

KOMPAS.com - Deputi Bidang Meteorologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Guswanto, mengatakan, BMKG mendeteksi adanya 2 bibit siklon tropis pada Sabtu (3/4/2021).

Kedua bibit siklon tropis tersebut adalah bibit siklon tropis 90S di Samudera Hindia barat daya Sumatera dan bibit siklon tropis 99S di Laut Sawu, Nusa Tenggara Timur.

"Intensitas kedua Bibit Siklon Tropis tersebut cenderung menguat dalam 24 jam ke depan dengan pergerakan menjauhi wilayah Indonesia," kata Guswanto dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Minggu (4/4/2021).

Guswanto mengatakan, secara tidak langsung keberadaan bibit siklon tersebut dapat berkontribusi cukup signifikan terhadap peningkatkan labilitas atmosfer dan pertumbuhan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia.

Selain itu, fenomena tersebut juga dapat mendorong peningkatan kecepatan angin yang berdampak pada peningkatkan ketinggian gelombang di sebagian wilayah perairan Indonesia.

"Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprakirakan terdapat potensi cuaca ekstrem berupa hujan lebat-sangat lebat, angin kencang dan gelombang tinggi dalam periode sepekan ke depan di sebagian wilayah Indonesia," kata Guswanto.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelumnya, di media sosial Twitter beredar informasi  bahwa satelit mendeteksi adanya pertumbuhan badai di wilayah Barat Daya Banten. Masyarakat diminta untuk waspada. 

 

Prakirawan Cuaca BMKG Nanda Alfuadi mengatakan, pihaknya kurang mengetahui akun tersebut dikelola oleh instansi apa.

"Terkait dengan istilah meteohazard yang akun tersebut gunakan, mungkin adalah terkait potensi bencana hidrometeorologis (disebabkan oleh cuaca), seperti hujan ekstrem, angin kencang, banjir, longsor, dan sebagainya," kata Nanda saat dihubungi Kompas.com, Minggu (4/4/2021).

Potensi hujan dan angin kencang

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X