Alumni Prakerja Gelombang 1-12 Bisa Dapat Bantuan Rp 10 Juta, Ini Syarat dan Caranya

Kompas.com - 11/03/2021, 06:30 WIB
Petugas mendampingi warga yang melakukan pendaftaran calon peserta Kartu Prakerja di LTSA-UPT P2TK di Surabaya, Jawa Timur, Senin (13/4/2020). ANTARA FOTO/Moch AsimPetugas mendampingi warga yang melakukan pendaftaran calon peserta Kartu Prakerja di LTSA-UPT P2TK di Surabaya, Jawa Timur, Senin (13/4/2020).

KOMPAS.com - Pemerintah akan mengucurkan bantuan tambahan bagi alumni program Kartu Prakerja 2020 dalam bentuk Kredit Usaha Rakyat (KUR), yang nilainya mencapai Rp 10 juta untuk setiap penerima bantuan. 

Dikutip Kompas.com, Sabtu (6/3/2021) bantuan KUR akan diberikan bagi alumni Kartu Prakerja 2020 yang memilih berwirausaha setelah mengikuti pelatihan Prakerja.

Berdasarkan informasi Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, terdapat kurang lebih 19.500 alumni pelatihan Prakerja yang menyatakan diri sebagai wirausaha.

Baca juga: 19.500 Alumni Kartu Prakerja Jadi Wirausaha dan Bakal Dapat KUR

Tentang bantuan KUR

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaa, dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, Kemenko Perekonomian, Rudy Salahuddin mengatakan, bantuan KUR merupakan program keberlanjutan bagi alumni Prakerja 2020.

"Jika pelaku usaha dari alumni Kartu Prakerja ingin meningkatkan kualitas dan skala produksinya maka akan membutuhkan tambahan modal, dan program KUR dalam hal ini bisa digunakan untuk menaikkan skala usaha mereka ke depan," kata Rudy.

Rudy menambahkan, pihaknya berharap para alumni Prakerja yang telah melewati masa berusaha selama enam bulan bisa mendapatkan kredit permodalan murah melalui perbankan.

Cara mendapatkan bantuan KUR alumni Prakerja

Salah satu bank yang memberikan fasilitas KUR super mikro untuk alumni Kartu Prakerja 2020 adalah BRI.

Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto mengatakan, untuk mendapatkan KUR super mikro BRI, alumni Prakerja dapat langsung mendatangi Kantor BRI Unit terdekat untuk pengajuan pinjaman.

Selain itu, calon penerima bantuan juga dapat mengakses bantuan ini melalui online BRI. 

"Atau secara online melalui www.kur.bri.co.id," kata Aestika saat dihubungi Kompas.com, Rabu (10/3/2021).

Baca juga: BLT Subsidi Gaji Tak Dialokasikan di APBN 2021, Ini Respons Perwakilan Buruh

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X