Waspada, Ini 5 Situs Palsu Pendaftaran Kartu Prakerja

Kompas.com - 06/03/2021, 08:05 WIB
Warga mencari informasi tentang pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang kedua di Jakarta, Senin (20/4/2020). Pemerintah membuka gelombang kedua pendaftaran program yang bertujuan memberikan keterampilan untuk kebutuhan industri dan wirausaha itu mulai Senin ini hingga dengan Kamis (23/4/2020) melalui laman resmi www.prakerja.go.id. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj.
  *** Local Caption *** 
ANTARA/ADITYA PRADANA PUTRAWarga mencari informasi tentang pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang kedua di Jakarta, Senin (20/4/2020). Pemerintah membuka gelombang kedua pendaftaran program yang bertujuan memberikan keterampilan untuk kebutuhan industri dan wirausaha itu mulai Senin ini hingga dengan Kamis (23/4/2020) melalui laman resmi www.prakerja.go.id. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj. *** Local Caption ***

KOMPAS.com - Pemerintah kembali membuka pendaftaran program Kartu Prakerja pada 2021.

Head of Communications Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Louisa Tuhatu menyampaikan, bahwa pihaknya telah membuka pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 13 sejak Kamis (4/3/2021).

Sama seperti periode sebelumnya, Prakerja gelombang 13 tetap menargetkan 600.000 orang sebagai penerima Kartu Prakerja.

Baca juga: Daftar Gelombang 13? Berikut Tips Lolos Prakerja...

Kendati demikian, di media sosial maupun grup percakapan WhatsApp tersebar lima link yang diduga merupakan link yang berkaitan dengan program Prakerja.

Berikut link tersebut:

  1. prakerja12.xyz
  2. daftarprakerja.net
  3. prakerja.vip
  4. kartu-prakerja.com
  5. prakerja12.com

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mendaftar Kartu Prakerja Gelombang 13

Lantaran banyak tersebar, apakah betul lima link tersebut resmi milik program Prakerja?

Menanggapi hal itu, Louisa menegaskan bahwa lima link tersebut merupakan link palsu dan menyesatkan.

Ia mengimbau masyarakat untuk berhati-hati apabila diminta mengirimkan data pribadi ke situs tersebut.

"Itu semua adalah situs palsu yang bisa diduga bermaksud menipu atau mencuri data pribadi orang yang mengakses situs-situs tersebut. Masyarakat harap berhati-hati," ujar Louisa saat dikonfirmasi Kompas.com, Jumat (5/3/2021).

Baca juga: Ramai Peringatan Penautan Rekening ke Prakerja sampai 4 Maret, Ini Penjelasan Pelaksana Program

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X