14 Wilayah Indonesia yang "Bebas" Corona dan 12 Daerah yang Berisiko Tinggi

Kompas.com - 05/03/2021, 19:05 WIB
Petugas pemakaman membawa peti jenazah pasien suspect virus corona atau Covid-19 di TPU Pondok Rangon, Jakarta Timur, Kamis (9/9/2020). Petugas administrasi TPU Pondok Ranggon mengatakan saat ini jumlah makam yang tersedia untuk jenazah dengan protokol COVID-19 tersisa 1.069 lubang makam, dan diperkirakan akan habis pada bulan Oktober apabila kasus kematian akibat COVID-19 terus meningkat. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPetugas pemakaman membawa peti jenazah pasien suspect virus corona atau Covid-19 di TPU Pondok Rangon, Jakarta Timur, Kamis (9/9/2020). Petugas administrasi TPU Pondok Ranggon mengatakan saat ini jumlah makam yang tersedia untuk jenazah dengan protokol COVID-19 tersisa 1.069 lubang makam, dan diperkirakan akan habis pada bulan Oktober apabila kasus kematian akibat COVID-19 terus meningkat.

KOMPAS.com - Jumlah kasus pasien yang terinfeksi Covid-19 di Indonesia dari hari ke hari terus mengalami penambahan.

Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, jumlah wilayah yang masuk ke dalam zona hijau corona di Indonesia semakin sedikit.

"Dapat dilihat secara cepat, bahwa zona hijau yang awalnya cukup banyak di wilayah barat dan timur Indonesia, jumlahnya semakin lama semakin berkurang," ujar Wiku dikutip dari laman covid-19.go.id, Kamis (4/3/2021).

Melihat perkembangan pada Februari 2021, lanjut Wiku, jumlah zona hijau sangat sedikit.

Baca juga: Setahun Virus Corona di Indonesia dan Kado Masuknya Strain B.1.1.7

Data hingga 28 Februari 2021, total wilayah yang masuk ke dalam zona hijau virus corona hanya ada 14 kabupaten-kota.

Sebagai tambahan informasi, zona hijau sendiri terbagi menjadi dua kategori, yaitu zona tak terdampak dan zona tidak ada kasus Covid-19.

Kemudian, imbuh Wiku, jumlah daerah dalam zona oranye sebanyak 277 kabupaten/kota atau lebih dari 59 persen dari total 514 kabupaten/kota di Indonesia.

"Zona oranye, awalnya hanya mendominasi pulau Jawa saja dan sebagian di pulau Kalimantan dan Sumatera, perkembangannya terlihat signifikan," paparnya.

Baca juga: 6 Negara di Asia yang Laporkan Varian Baru Virus Corona B.1.1.7

Berikut daftar zona hijau dan merah dikutip dari situs covid19.go.id, 28 Februari 2021:

Zona tidak terdampak

1. Provinsi Papua

  • Puncak
  • Dogiyai
  • Intan Jaya

Baca juga: 7 Gejala Terinfeksi Varian Baru Virus Corona B.1.1.7

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X