7 Cara Cepat Mengusir Bau Amis Ikan

Kompas.com - 05/03/2021, 18:30 WIB
Toko ikan Matsusyo di pusat perbelanjaan Akashi Uonotana Shotengai di Kota Akashi, Prefektur Hyogo, Jepang tidak sungkan-sungkan memberitahukan cara menikmati atau memasak ikan buat pembelinya. KARAKSA MEDIAToko ikan Matsusyo di pusat perbelanjaan Akashi Uonotana Shotengai di Kota Akashi, Prefektur Hyogo, Jepang tidak sungkan-sungkan memberitahukan cara menikmati atau memasak ikan buat pembelinya.

KOMPAS.com - Ikan kaya gizi dan bisa diolah dalam aneka resep sajian. Namun sayang, bau amis pada ikan terkadang menjadi kendala. Terlalu menyengat, dan susah hilang.

Sebenarnya apa yang menyebabkan ikan berbau amis?

Seperti diberitakan Kompas.com (19/7/2019), ikan sebenarnya tak berbau amis ketika masih berada di dalam air, atau ketika baru saja diangkat dari air.

Bau amis ikan baru menyengat ketika ikan lama terpapar udara bebas dan sinar matahari. Dalam artian, bau amis ini adalah akibat dari proses pembusukan alami daging ikan.

Hal ini ada hubungannya dengan kadar dalam air laut.

Di mana air laut mengandung 3 persen garam. Sedangkan kadar optimal mineral terlarut di dalam sel hewan kurang dari satu persen.

Untuk bertahan hidup, ikan harus menjaga keseimbangan cairan dengan mengisi sel mereka dengan asam amino dan juga amina. Dalam proses ini, ikan menggunakan trimethylamine oxide atau TMAO. 

Baca juga: Serba-serbi Hewan: Ikan Hidup di Air, tapi Kenapa Bau Amis?

Ketika ikan mati, bakteri dan enzim dalam tubuh ikan akan mengubah TMAO ini menjadi trimethylamine atau TMA. TMA inilah yang mengeluarkan bau amis menyengat.

Meski sebagian ikan berbau amis ketika sudah mati, namun ada pula beberapa jenis ikan yang memang memiliki aroma amis semenjak mereka masih hidup.

Lantas bagaimanakah menghilangkan bau amis ikan?

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X