Hari Obesitas Sedunia, Ketahui Makanan yang Meningkatkan Potensi Obesitas

Kompas.com - 05/03/2021, 14:40 WIB
Ilustrasi obesitas SHUTTERSTOCKIlustrasi obesitas

KOMPAS.com - Hari Obesitas Dunia diperingati setiap 4 Maret. Lembaga pemerhati obesitas dunia mencatat kaitan antara obesitas dan pandemi Covid-19.

World Obesity Day mencatat, 10,5 persen dari hasil tes Covid-19 positif disebabkan oleh obesitas, pada populasi Amerika Serikat (AS) yang dilaporkan periode 1 Maret sampai 14 Mei 2020.

Obesitas adalah penumpukan lemak atau kegemukan yang berlebihan di dalam tubuh.

Mengenai obesitas, dokter ahli gizi, dr Tan Shot Yen, mengatakan, pentingnya pemahaman perubahan perilaku dalam pengendalian obesitas.

"Makanya pengendalian obesitas itu bicara soal komunikasi perubahan perilaku. Bukan melarang makan ini itu, membuat orang jadi patuh tapi, enggak paham," kata Tan, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (5/3/2021).

Baca juga: Studi: Obesitas Dapat Memperparah Gejala Covid-19, Ini Alasannya...

Apa saja yang berpotensi menyebabkan obesitas?

Akumulasi makan berlebih

Obesitas tidak serta merta terjadi dalam semalam. Tan menjelaskan, obesitas merupakan akumulasi dari pola makan yang tidak sehat.

Proses obesitas pada masing-masing kelompok usia berbeda-beda. Menurut Tan, hal ini karena kecepatan metabolismenya berbeda.

"Dengan bertambah usia, apalagi mendekati usia menopause dan andropause, kecepatan metabolisme manusia turun," kata Tan.

Aktivitas masing-masing orang pun berbeda dan berpengaruh pada tingkat risiko obesitas.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X