Bukan Hasil Uji Klinis, Studi Ini Klaim Vaksin Pfizer Manjur 94 Persen

Kompas.com - 27/02/2021, 06:16 WIB
Malaysia rencananya akan mendapatkan 12,2 juta dosis vaksin Pfizer. AFP/STEPHANE DE SAKUTI via DW INDONESIAMalaysia rencananya akan mendapatkan 12,2 juta dosis vaksin Pfizer.

KOMPAS.com - Studi besar dunia nyata pertama tentang vaksin Covid-19 dari Pfizer/BioNTech yang ditinjau secara independen menunjukkan bahwa suntikan itu sangat efektif dalam mencegah Covid-19.

Hingga kini, sebagian besar data tentang kemanjuran vaksin Covid-19 berada dalam kondisi terkontrol di tahap uji klinis.

Oleh krena itu, kebanyakan vaksin diliputi ketidakpastian tentang bagaimana hasilnya saat digunakan secara nyara.

Diberitakan Reuters, Kamis (25/2/2021), penelitian yang dilakukan di Israel menunjukkan, dua dosis suntikan Pfizer mengurangi gejala Covid-19 sebesar 94 persen di semua kelompok usia dan penyakit parah hampir mencapai angka yang sama.

Penelitian tersebut memakan waktu dua bulan, menjadikannya sebagai salah satu studi paling cepat dan menyajikan sumber data yang kaya.

Studi terhadap sekitar 1,2 juta orang juga menunjukkan, satu suntikan vaksin Covid-19 57 persen efektif melindungi infeksi gejala setelah dua minggu.

Baca juga: Vaksinasi Gotong Royong Tak Pakai Sinovac, AstraZeneca, Novavax, dan Pfizer

Studi itu diterbitkan dan ditinjau oleh rekan sejawat di New England Journal of Medicine pada Rabu (24/2/2021).

"Kami terkejut karena kami berharap bahwa dalam setting dunia nyata, di mana rantai dingin tidak dijaga dengan sempurna dan populasinya lebih tua serta lebih sakit, Anda tidak akan mendapatkan hasil sebaik yang Anda dapatkan dalam uji klinis terkontrol," demikian kata peneliti senior dalam studi itu, Ran Balicer.

Dia mengatakan, vaksin Pfizer terbukti efektif dalam sub-kelompok yang sangat berbeda, yaitu tua maupun muda.

Selain itu, pada orang-orang yang tidak memiliki penyakit penyerta dan mereka yang memiliki sedikit penyakit penyerta.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X