Anak-anak Jangan Main Air Saat Banjir, Ini 6 Penyakit yang Bisa Muncul

Kompas.com - 25/02/2021, 09:00 WIB
Anak-anak bermain air banjir di Underpass Gonggo, Dusun Jatirasa Tengah, Kelurahan Karangpawitan, Kabupaten Karawang, Sabtu (20/2/2021). KOMPAS.COM/FARIDAAnak-anak bermain air banjir di Underpass Gonggo, Dusun Jatirasa Tengah, Kelurahan Karangpawitan, Kabupaten Karawang, Sabtu (20/2/2021).

KOMPAS.com - Memasuki puncak musim hujan, sejumlah daerah di Indonesia mengalami musibah banjir

Bagi masyarakat yang wilayahnya diterjang banjir, perlu mewaspadai sejumlah penyakit yang sering muncul saat banjir. 

Sebab diketahui, air banjir sering membawa kotoran seperti sampah, air got, atau bahkan terkontaminasi kotoran dari septiktank.

Baca juga: Waspada, Ini Daftar Penyakit yang Rawan Menyerang di Musim Banjir

 

Apabila hal itu terjadi, tentu bisa menyebabkan kondisi bibit kuman penyakit mudah berkembang biak.

"Kondisi basah tidak nyaman bagi tubuh, sehingga dapat menurunkan kondisi tubuh dan daya tahan. Akibatnya banjir berpotensi meningkatkan penyebaran penyakit menular," ungkap dokter Mayapada Hospital Tangerang dr. Marlyn Cecilia Malonda, SpA. 

Marlyn juga menjelaskan beberapa penyakit yang kerap muncul seusai terjadinya banjir, berikut di antaranya: 

1. Leptospirosis

Leptospirosis disebabkan oleh bakteri Leptospira yang menginfeksi manusia melalui kontak dengan air atau tanah yang masuk ke dalam tubuh melalui selaput lendir mata atau luka yang terbuka.

Bakteri ini bisa bertahan di dalam air selama 28 hari. Ini termasuk penyakit zoonosis, karena ditularkan melalui hewan.

"Kalau di Indonesia sumber penularan utama adalah tikus, melalui kotoran dan air kencingnya yang bercampur air banjir," jelas Marlyn. 

Baca juga: Jebolnya Tanggul Sungai Citarum Sebabkan Banjir di 4 Desa di Bekasi

2. Infeksi mata

Infeksi pada mata bisa disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri yang mudah menular, baik melalui kontak langsung maupun dengan barang yang sudah terkontaminasi.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X