Spesifikasi Jet Tempur F-15EX yang Akan Dibeli Indonesia

Kompas.com - 19/02/2021, 14:25 WIB
Tangkapan layar unggahan jet tempur F-15EX. TWITTER/@BoeingDefenseTangkapan layar unggahan jet tempur F-15EX.

KOMPAS.com - Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fajar Prasetyo mengatakan, Indonesia tidak lama lagi akan mendatangkan sejumlah alat utama sistem persenjataan (alutsista) modern.

"Mulai tahun ini hingga tahun 2024, kita akan segera merealisasikan akuisisi berbagai alutsista modern secara bertahap," ujar KSAU seperti dikutip dari Kompas.com, Kamis (18/2/2021).

Adapun sejumlah alutsista yang segera mendarat di Indonesia di antaranya, pesawat tempur F-15EX buatan Boeing dan Dassault Rafale yang diproduksi Dassault Aviation Perancis.

Dikutip dari Anadolu Agency merujuk dokumen Rapim TNI 2021 beberapa waktu lalu, Indonesia rencananya akan memboyong 36 unit pesawat Rafale dan 8 unit pesawat F-15EX.

Diharapkan, 6 unit F-15EX sudah tiba di Tanah Air sebelum 2022.

Baca juga: Seperti Ini Spesifikasi Jet Tempur Eurofighter Typhoon Incaran Menhan Prabowo...

Lalu, seperti apa spesifikasi jet tempur F-15EX ini?

Buatan Boeing

Pesawat atau jet tempur F-15EX ini adalah buatan perusahaan penerbangan asal Amerika Serikat (AS), Boeing.

Jet tempur Boeing ini berhasil menyelesaikan uji terbang pertamanya pada Selasa, 2 Februari 2021 lalu.

Uji terbang itu berlangsung sekitar 90 menit dan pesawat berkinerja seperti yang diharapkan, kata Boeing dalam rilisnya.

Baca juga: Ramai Inspeksi Boeing 737, Mengapa Pesawat Bisa Mengalami Keretakan?

"Penerbangan yang sukses hari ini membuktikan keamanan dan kesiapan jet untuk bergabung dengan armada tempur AS," kata Wakil Presiden Boeing, Prat Kumar dikutip dari Defense News, Selasa (2/2/2021).

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X