H-2, Apakah Track Record Alumni Memengaruhi Kelulusan SNMPTN 2021?

Kompas.com - 13/02/2021, 18:31 WIB
Peserta mengikuti ujian tulis berbasis komputer (UTBK) di SMA Negeri 3 Jakarta Selatan, Setiabudi, Selasa (7/7/2020). UNJ sebagai salah satu Pusat UTBK Perguruan Tinggi Negeri (PTN) menyelenggarakan ujian dalam dua tahap yakni pada tanggal 5-12 Juli 2020 dan 20-27 Juli 2020 dengan jumlah total peserta sebanyak 42.463 orang dengan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPeserta mengikuti ujian tulis berbasis komputer (UTBK) di SMA Negeri 3 Jakarta Selatan, Setiabudi, Selasa (7/7/2020). UNJ sebagai salah satu Pusat UTBK Perguruan Tinggi Negeri (PTN) menyelenggarakan ujian dalam dua tahap yakni pada tanggal 5-12 Juli 2020 dan 20-27 Juli 2020 dengan jumlah total peserta sebanyak 42.463 orang dengan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19.

KOMPAS.com - Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 akan dimulai pada 15 Februari 2021.

Pendaftaran itu akan berlangsung selama 9 hari hingga 24 Februari 2021.

Para pendaftar telah mengikuti serangkaian tahapan sebelum pendaftaran SNMPTN, antara lain registrasi akun LTMPT, penetapan siswa yang eligible oleh sekolah, dan pengisian PDSS.

SNMPTN tidak diikuti oleh seluruh siswa, tapi hanya siswa yang eligible saja.

Kuota siswa eligible ditentukan oleh akreditasi sekolah dan jumlah siswa, sementara sekolah yang menentukan siapa siswa eligible tersebut.

Baca juga: Kominfo Buka Pendaftaran Beasiswa S2 Luar Negeri, Ini Syarat dan Berkas yang Harus Disiapkan

Lalu bagaimana seleksinya nanti? Apakah lolos tidaknya SNMPTN dipengaruhi dari track record alumni?

Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT Budi Prasetyo Widyobroto menjelaskan, kewenangan menentukan lolos tidaknya peserta SNMPTN tergantung masing-masing Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Track record memang menjadi salah satu pertimbangan.

Kendati demikian, pertimbangan lolos tidaknya peserta SNMPTN didasarkan pada dua hal.

Baca juga: Pendaftaran SBMPTN Pariwisata 2021 Sudah Dibuka, Ini Ketentuannya...

 

Pertama, kualitas sekolah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X