Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Kembar di Lampung Selatan, BMKG Minta Masyarakat Tetap Waspada

Kompas.com - 13/02/2021, 14:31 WIB
Luthfia Ayu Azanella,
Inggried Dwi Wedhaswary

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Dua guncangan gempa bumi dengan kekuatan di atas magnitudo 5 terjadi di perairan barat daya Pesisir Barat, Lampung, pada hari ini, Sabtu (13/2/2021) pukul 11.18 WIB dan 11.30 WIB.

Bukan hanya waktu, merujuk informasi yang disampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui Twitter, kedua gempa terjadi di titik yang juga berdekatan.

Gempa pertama berada di titik 6,81 LS, 103,30 BT atau 193 km barat daya Pesisir Barat, Lampung.

Sementara, gempa kedua ada di 6,34 LS, 103,57 BT atau 134 km barat daya pesisir barat Lampung.

Episentrum dari masing-masing gempa terjadi di kedalaman 10 km.

Baca juga: 646 Gempa Terjadi di Indonesia Selama Januari 2021, Ini Imbauan BMKG

Kepala Bidang Mitigasi Bencana Gempabumi da Tsunami BMKG, Daryono menyebutnya sebagai gempa kembar atau doublet earthquake.

"Itu tadi bisa disebut sebagai gempa kembar atau doublet earthquake. Selisihnya hanya 12 menit," kata Daryono saat dihubungi Kompas.com melalui sambungan telepon, Sabtu (13/2/2021).

Ia mengatakan, dua gempa dapat disebut sebagai sebagai gempa kembar atau doublet earthquake harus memenuhi 3 aspek yaitu waktu, lokasi, dan kekuatan.

Kedua gempa yang mengguncang selatan Lampung itu memenuhi ketiganya, terjadi di lokasi dan waktu yang hampir berdekatan, juga memiliki kekuatan yang nyaris sama.

Baca juga: Gempa Magnitudo 7,7 Picu Tsunami Kecil di Pasifik Selatan

Akan tetapi, ia membantah jika terjadinya gempa kembar seperti ini menjadi indikasi akan terjadi fenomena lain setelahnya.

"Oh enggak, enggak ada (mengindikasikan apa pun). Tapi yang pasti dengan kekuatan yang 5 itu kan patut kita cermati. Gempa kembar pernah terjadi di Lombok, di Bengkulu tahun 2007 itu juga pernah, ini memang menarik dengan ada peningkatan (aktivitas kegempaan di Enggano) ini," ujar Daryono.

Daryono menjelaskan, dua gempa yang terjadi di selatan Lampung masih menjadi perhatian BMKG, karena sebelumnya aktivitas kegempaan di Enggano, Bengkulu, juga belum selesai sejak Januari lalu.

"Dengan meningkatnya aktivitas di Enggano, Bengkulu, dan selatan Lampung ini, kami BMKG akan terus memantau apakah ini hanya sekadar aktivitas biasa yang kemudian luruh dan selesai, ataukah ada berikutnya," kata dia.

Di zona megathrust

Melihat titik terjadinya ada di zona megathrust, ia khawatir dua gempa yang terjadi tadi hanya sebagai pembuka gempa lainnya pada waktu yang akan datang.

Untuk itu, semua pihak diminta lebih waspada.

BMKG mengeluarkan informasi bahwa gempa-gempa ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami meski kedalamannya cukup dangkal.

Daryono mengimbau masyarakat untuk lebih waspada dan segera menjauhi wilayah pantai jika kembali terjadi gempa besar.

"Masyarakat pesisir juga harus kian waspada, jika merasakan gempa kuat dan sedang ada di pantai, sebaiknya segera meninggalkan pantai, karena enggak tahu gempa itu berpotensi tsunami atau tidak" kata Daryono.

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Tas Siaga Bencana

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com