Kominfo Buka Pendaftaran Beasiswa S2 Luar Negeri, Ini Syarat dan Berkas yang Harus Disiapkan

Kompas.com - 13/02/2021, 17:05 WIB
Ilustrasi beasiswa. Bank Central AsiaIlustrasi beasiswa.

KOMPAS.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Balitbang SDM) kembali membuka program beasiswa pascasarjana (S2) luar negeri pada 2021.

Pelamar dapat mendaftar dengan lima pilihan negara tujuan studi, yaitu China, India, Hungaria, Belanda, dan Jepang dengan daftar universitas yang ditentukan.

Melansir kominfo.go.id, pendaftaran beasiswa ini dibuka mulai 28 Januari 2021 sampai 28 Februari 2021 (untuk skema beasiswa Kominfo-StuNed dan beasiswa ke negara tujuan studi China (Tsinghua University), dan 19 Maret 2021, untuk beasiswa ke negara tujuan studi lainnya.

Adapun program beasiswa ini terbuka umum bagi aparatur pemerintah pusat maupun daerah termasuk TNI dan Polri dan juga masyarakat umum dari instansi swasta.

Baca juga: Syarat, Cara Daftar, Jadwal, dan Keuntungan Ikut Program Kampus Mengajar Kemendikbud 2021

Lalu, apa saja persyaratan dan berkas yang harus disiapkan oleh pelamar?

Ada dua persyaratan yang harus diperhatikan pelamar, yakni persyaratan umum dan persyaratan khusus.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Persyaratan Umum

Untuk persyaratan umum adalah:

1. Warga negara Indonesia (WNI).

2. Berlatar belakang pekerjaan di sektor teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan pelaku usaha rintisan (startup) lokal (bagi pelamar dari masyarakat umum, termasuk penyandang disabilitas).

3. Berusia maksimal 37 tahun untuk aparatur sipil negara (ASN)/anggota TNI/Polri dan 33 tahun untuk masyarakat umum pada saat penutupan pendaftaran.

4. Belum memiliki gelar S2 dan tidak sedang menerima beasiswa lain dan/atau sedang mengikuti program pendidikan S2 baik atas biaya sendiri maupun dari lembaga lain.

5. Mendapatkan izin pejabat yang berwenang.

Baca juga: Sering Salah Arti, Ini Beda antara PNS dan ASN

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X