Analisis Lengkap PVMBG soal Amblesnya Jalan Tol Cipali, dari Penyebab hingga Rekomendasi Penanganannya...

Kompas.com - 10/02/2021, 16:31 WIB
Kementerian PUPR bersama Astra Tol Cipali selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) tengah melakukan sejumlah penanganan guna mempercepat pemulihan kondisi jalan Tol Cipali KM 122. Kementerian PUPRKementerian PUPR bersama Astra Tol Cipali selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) tengah melakukan sejumlah penanganan guna mempercepat pemulihan kondisi jalan Tol Cipali KM 122.

KOMPAS.com - Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) KM 122 jalur Cirebon arah Jakarta mengalami ambles pada Selasa (9/2/2021).

Walhasil, dengan kondisi seperti itu membuat jalan yang terdampak amblesan tidak bisa dilewati oleh kendaraan sehingga harus dilaukan penutupan.

Korlantas Polri juga telah menerapkan rekayasa lalu lintas dengan lawan arus atau contraflow untuk mengantisipasi kemacetan.

Kondisi curah hujan yang tinggi dan terus-menerus di wilayah Jawa Barat disinyalir menjadi penyebab kerusakan ini.

Baca juga: Tak Boleh Sembarang Berhenti, Ini Aturan dan Larangan di Jalan Tol

Lantas, apa penyebab dari amblesnya Tol Cipali KM 122 tersebut?

Simak penjelasan dari Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) berikut ini:

Lokasi dan waktu kejadian

Kepala PVMBG Andiani menyatakan, amblesnya jalan tol Cipali KM 122 termasuk bencana gerakan tanah.

Adapun KM 122 itu masuk Kecamatan Cipunagara, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

"Bencana tersebut terjadi pada hari Selasa, 9 Februari 2021 sekitar pukul 03.00 WIB," ujar Andiani kepada Kompas.com, Rabu (10/2/2021).

Dia berujar, jenis gerakan tanah yang terjadi adalah berupa nendatan lambat atau rayapan yang ditandai dengan retakan di bagian jalan.

Retakan terjadi di badan jalan sepanjang 20 meter dengan kedalaman 1 meter pada jalur arah Jakarta.

"Dampaknya badan jalan tol retak dan amblas hingga tidak dapat dilalui kendaraan. Arus lalu lintas tersendat," jelas Andiani.

Baca juga: Viral, Video Satu Keluarga Asyik Santap Makanan di Bahu Jalan Tol Cipali

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X