Kompas.com - 01/02/2021, 08:31 WIB
Seorang wanita menunjukan perubahan warna lidahnya patrisyuSeorang wanita menunjukan perubahan warna lidahnya

KOMPAS.com - Masalah pada mulut baru-baru ini dimungkinkan menjadi pertanda gejala baru Covid-19.

Hal tersebut disampaikan oleh peneliti Inggris yang melaporkan adanya lebih banyak kasus orang-orang yang terinfeksi mengeluhkan adanya perubahan warna pada lidah, pembesaran, dan masalah mulut lainnya.

“Melihat peningkatan jumlah 'lidah Covid' dan sariawan yang aneh. Jika Anda memiliki gejala yang aneh atau bahkan hanya sakit kepala dan kelelahan tetaplah di rumah! ” kata Tim Spector, seorang profesor epidemiologi genetik di King's College London dikutip dari NBCNews.

Baca juga: Pemerintah Gratiskan Vaksin Covid-19, Mengapa Diberikan Lewat Suntikan?

Pihaknya memperkirakan kurang dari 1 dari 500 pasien memiliki kondisi yang disebut dengan "Lidah Covid".

Di mana gejala utamanya adalah lidah seperti diselimuti warna putih atau kuning yang tidak bisa disingkirkan, selain itu lidah seperti bergigi yang mana bisa sangat menyakitkan.

"Ini adalah pengingat yang baik bahwa ada begitu banyak manifestasi berbeda dari virus ini dan bukan hanya klasik," kata Spektor.

Baca juga: Mengenal Vaksin Sinovac yang Telah Tiba di Indonesia

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X