Bagaimana Kondisi Dinamika Atmosfer Saat Sriwijaya Air SJ 182 Hilang Kontak? Ini Kata Lapan...

Kompas.com - 10/01/2021, 19:20 WIB
Analisa dinamika atmoser saat Sriwijaya Air hilang LapanAnalisa dinamika atmoser saat Sriwijaya Air hilang

KOMPAS.com – Proses pencarian pesawat Sriwijaya Air SJ 182, rute penerbangan Jakarta-Pontianak yang jatuh di sekitar Kepulauan Seribu terus dilakukan pihak terkait, Minggu (10/1/2021).

Distrik Manajer Sriwijaya Air Pontianak Faisal Rahman menyebutkan ada 62 jiwa yang berada di dalam pesawat Sriwijaya Air tersebut.

Perinciannya yakni 56 penumpang dan 6 awak kabin, seperti pilot dan pramugari.

Baca juga: Sriwijaya Air Hilang Kontak, Ini Deretan Kecelakaan Pesawat di Indonesia dalam Satu Tahun Terakhir

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pesawat Sriwijaya Air SJ 182 rute Jakarta-Pontianak hilang kontak setelah empat menit lepas landas dari Bandar Udara Soekarno-Hatta, Tangerang, atau sekitar pukul 14.40 WIB.

Menurut catatan, pesawat sempat diizinkan naik ke ketinggian 29.000 kaki pada pukul 14.37 WIB. Setelah itu, pesawat terpantau tidak sesuai dengan arah perjalanan.

Baca juga: Sriwijaya Air SJ 182 Berusia 26 Tahun, Apakah Usia Berpengaruh terhadap Kecelakaan Pesawat?

Lantas bagaimana kondisi dinamika atmosfer saat pesawat Sriwijaya Air hilang kontak?

Peneliti dari Tim Reaksi dan Analisis Kebencanaan (TREAK) Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer PSTA-Lapan Trismidianto mengatakan dari analisis dinamika atmosfer menunjukkan sistem konveksi skala meso telah terbentuk di atas Lampung dan sekitar Laut Jawa pada Sabtu (9/1/2021) sejak pukul 11.00 WIB.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X