Daftar 29 Negara yang Telah Memulai Vaksinasi Covid-19, Mana Saja?

Kompas.com - 28/12/2020, 13:30 WIB
Perawat Israel menyiapkan vaksin Covid-19 untuk disuntikkan di Barzilai Madical Center di kota Ashkelon, pada Minggu (20/12/2020). AP PHOTO/TSAFRIR ABAYOVPerawat Israel menyiapkan vaksin Covid-19 untuk disuntikkan di Barzilai Madical Center di kota Ashkelon, pada Minggu (20/12/2020).

KOMPAS.com - Sejumlah negara di dunia telah memulai program vaksinasi virus corona untuk mendapatkan kekebalan kelompok (herd immunity) dari Covid-19. 

Vaksinasi dilakukan untuk menghentikan pandemi virus corona yang telah menyebar hampir setahun ini. 

Sejauh ini, virus corona penyebab Covid-19 telah menginfeksi 81,1 juta orang di seluruh dunia, dengan 1,77 juta orang meninggal dunia dan 57,29 juta orang telah sembuh. 

Awal bulan ini, Inggris menjadi negara pertama di dunia yang mulai melakukan vaksinasi Covid-19 kepada warganya, yang telah diuji coba sepenuhnya.

Baca juga: Mengapa Konten Sensasi Laku di Media Sosial dan Siapa Saja yang Diuntungkan?

Langkah yang diambil Inggris tersebut, diikuti beberapa negara lain. Berikut daftar negara yang telah menyetujui dan melakukan vaksinasi dilansir dari Aljazeera.

1. Inggris Raya

Pada 8 Desember 2020, Margaret Keenan, seorang nenek berkebangsaan Inggris berusia 90 tahun menjadi orang pertama di dunia yang menerima vaksin Pfizer-BioNTech Covid-19 di luar uji coba.

Tak lama setelah program vaksinasi diluncurkan, Inggris memberlakukan tindakan penguncian yang ketat setelah jenis virus corona baru dan lebih menular ditemukan.

2. Uni Emirat Arab

Suntikan pertama vaksin virus corona diberikan di Ibu Kota UEA, Abu Dhabi pada 14 Desember 2020.

Salah satu negara penghasil minyak terbesar di dunia ini menyetujui penggunaan vaksin Pfizer-BioNTech dan vaksin Sinopharm buatan China untuk digunakan secara massal.

Baca juga: AstraZeneca Sebut Vaksinnya Akan Efektif pada Varian Baru Virus Corona

3. Amerika Serikat

Amerika Serikat (AS) juga mulai memberikan vaksin Pfizer pada 14 Desember 2020, dengan perawat di New York City Sandra Lindsay menjadi orang Amerika pertama yang menerima suntikan vaksin.

Vaksin Covid-19 yang dikembangkan Pfizer-BioNTech telah diberikan kepada lebih dari satu juta orang, sejak program dimulai.

Lebih lanjut, otoritas AS telah menyetujui penggunaan vaksin kedua yang dikembangkan Moderna.

4. Kanada

Pasien Covid-19 yang pertama diinokulasi di Kanada merupakan seorang wanita berusia 89 tahun dari Quebec yang menerima suntikan vaksin Pfizer pada 14 Desember 2020.

Negara ini juga telah menyetujui vaksin Moderna untuk digunakan dalam program imunisasi masal.

Pengiriman pertama suntikan vaksin Moderna tiba pada Kamis (31/12/2020).

Baca juga: Makin Meluas, Varian Baru Virus Corona Ditemukan di Spanyol dan Kanada

5. Arab Saudi

Arab Saudi memulai kampanye penyuntikan masal dengan vaksin Pfizer-BioNTech pada 17 Desember 2020.

Arab Saudi menjadi negara di Jaziran Arab yang paling parah terkena dampak pandemi dengan lebih dari 360.000 kasus positif dan 6.148 kematian.

6. Israel

Pada 19 Desember 2020, vaksinasi nasional di Israel diluncurkan, dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menjadi yang pertama menerima suntikan vaksin Covid-19.

Netanyahu (71) disuntik dengan vaksin Pfizer-BioNTech, secara langsung disiarkan melalui saluran televisi di Sheba Medical Center di Ramat Gan, dekat Tel Aviv.

Baca juga: Qatar Terima Pengiriman Tahap Pertama Vaksin Covid-19 pada 21 Desember 2020

7. Qatar

Qatar meluncurkan kampanye vaksinasi virus corona secara gratis setelah gelombang pertama vaksin Pfizer-BioNTech tiba di negara Teluk pada 22 Desember 2020.

Vaksin diberikan dalam dua dosis, dengan jarak tiga minggu, di tujuh pusat kesehatan utama di seluruh negeri.

Negara ini juga telah menandatangani kesepakatan untuk memperoleh vaksin Moderna dan Oxford-AstraZeneca.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X