AstraZeneca Sebut Vaksinnya Akan Efektif pada Varian Baru Virus Corona

Kompas.com - 28/12/2020, 12:05 WIB
Ilustrasi vaksin AstraZeneca-Oxford yang dinamai AZD1222. SHUTTERSTOCK/rafapressIlustrasi vaksin AstraZeneca-Oxford yang dinamai AZD1222.

KOMPAS.com - Kepala perusahaan di balik vaksin virus corona Oxford-AstraZaneca mengatakan bahwa para peneliti yakin vaksin mereka akan efektif melawan jenis varian virus baru yang pertama kali ditemukan di Inggris.

Kepala Eksekutif Astra Zeneca, Pascal Soriot mengatakan dirinya memuji vaksin Astra Zeneca dan menyebutnya sebagai formula pemenang.

"Sejauh ini kami pikir vaksin harus tetap efektif. Tapi kami tidak bisa memastikan, jadi kami akan mengujinya," ujar Soirot dikutip dari Guardian (27/12/2020). 

Baca juga: Sejumlah Pakar Pertanyakan Hasil Uji Klinis Vaksin Covid-19 AstraZeneca

100 juta dosis

Saat ini 100 juta dosis vaksin Oxford-AstraZeneca telah dipesan di Inggris. Adapun sekitar 40 juta dosis akan tersedia pada akhir Maret 2021.

Vaksin akan mulai diluncurkan secara massal mulai 4 Januari.

Meski demikian juru bicara pemerintah mengatakan The Medicines and Healthcare Products Regulatory Agency (MHRA) atau Badan Pengaturan Produk Obat dan Kesehatan Inggris harus diberikan waktu untuk memeriksanya.

“Regulator obat-obatan sedang meninjau data akhir dari uji klinis fase tiga Universitas Oxford-AstraZeneca untuk menentukan apakah vaksin tersebut memenuhi standar kualitas, keamanan dan keefektifan yang ketat,” kata juru bicara tersebut.

Kemanjuran vaksin Oxford-AstraZeneca

Sejumlah kekhawatiran vaksin Oxford muncul terkait mungkin tidak sebaik dalam mencegah penyakit simptomatik seperti vaksin lain dari Pfizer.

“Kami pikir kami telah menemukan formula kemenangan dan bagaimana mendapatkan kemanjuran yang, setelah dua dosis, ada di sana dengan orang lain. Saya tidak dapat memberi tahu Anda lebih banyak karena kami akan menerbitkannya suatu saat nanti,” ujar Soriot.

Baca juga: Efektif 90 Persen, Ketahui 7 Fakta Vaksin AstraZeneca-Oxford

Sejauh ini, dari angka yang dirilis, vaksin Oxford menunjukkan keefektifan hingga 90 persen pada mereka yang diberi setengah dosis diikuti dengan dosis penuh. 

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X