Korea Selatan Laporkan Varian Baru Virus Corona dari Inggris

Kompas.com - 28/12/2020, 13:11 WIB
Varian baru virus corona yang ditemukan di Inggris memiliki mutasi pada bagian receptor-binding domain, yang digunakan virus untuk menginfeksi sel tubuh manusia. GETTY IMAGES via BBC INDONESIAVarian baru virus corona yang ditemukan di Inggris memiliki mutasi pada bagian receptor-binding domain, yang digunakan virus untuk menginfeksi sel tubuh manusia.

KOMPAS.com - Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea Selatan (KDCA) melaporkan kasus pertama varian baru virus corona dari Inggris.

Dikutip dari Reuters, Senin (28/12/2020), laporan kasus tersebut dikaitkan dengan tiga orang dalam satu keluarga yang tiba dari London, Inggris, pada 22 Desember 2020.

Ketiga orang tersebut saat ini telah diisolasi, sejak dinyatakan positif Covid-19.

Varian baru virus corona di Inggris muncul awal bulan ini dan telah menjangkau beberapa negara Eropa, Amerika, dan Asia.

Kondisi tersebut mendorong lebih dari 50 negara memberlakukan pembatasan perjalanan dari dan menuju Inggris, termasuk Korea Selatan yang melarang hingga akhir tahun.

Sementara, secara keseluruhan pada Minggu (27/12/2020), KDCA melaporkan 808 kasus baru virus corona.

Dilansir Aljazeera, Senin (12/12/2020), pihak berwenang akan memperpanjang pengetatan hingga awal Januari 2021. Hal tersebut terkait dengan peningkatan jumlah kasus Covid-19 di Korea Selatan.

Baca juga: RS Penuh, Pasien Covid-19 di Korea Selatan Meninggal Dunia di Rumah dan Panti Jompo

Rencana vaksinasi

Pemerintah Korea Selatan tengah menghadapi kritik di dalam negeri terkait dengan rencana pengadaan dan peluncuran program vaksinasi virus corona.

Penyebabnya, negara itu baru akan memulai vaksinasi pertama pada kuartal pertama tahun depan, beberapa bulan setelah Amerika Serikat dan negara-negara di Eropa. Para pekerja medis dan penduduk lanjut usia akan mulai menerima vaksinasi pada Februari 2021. 

Kritik tersebut telah merusak dukungan untuk Presiden Korea Selatan Moon Jae-in.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X