10 Bulan Pandemi, Kasus Covid-19 di Indonesia Tembus 700.000, Apa Sebabnya?

Kompas.com - 26/12/2020, 12:30 WIB
Ilustrasi virus corona (Covid-19) KOMPAS.COM/SHUTERSTOCKIlustrasi virus corona (Covid-19)

KOMPAS.com - Indonesia mengonfirmasi 7.259 kasus infeksi baru virus corona pada Jumat (25/12/2020). Hal itu menjadikan total kasus Covid-19 tembus 700.000 kasus, tepatnya 700.097 kasus.

Selain itu, angka kematian akibat Covid-19 di Indonesia juga mencapai 20.875, sementara 570.304 pasien telah dinyatakan sembuh.

Dalam catatan Our World in Data, Indonesia menjadi negara dengan positivity rate tertinggi di dunia, yaitu sekitar 20 persen.

Angka itu jauh di atas India, negara dengan kasus Covid-19 tertinggi kedua di dunia, yang hanya memiliki positivity rate di bawah 5 persen.

Baca juga: Bertambah 7.259, Kasus Covid-19 di Indonesia Tembus 700.000

Kondisi serius, penanganan tidak fokus

Epidemiolog Griffith University Australia Dicky Budiman mengatakan, kondisi di Indonesia saat ini sama seperti India dan Brasil.

Sebab, kurva epidemiologi di Indonesia terus mengalami kenaikan dan tak pernah melandai. Hanya saja, India dan Brasil memiliki kapasitas testing yang lebih besar.

"Bedanya tes Indonesia paling rendah. Jadi seperti terkesan biasa biasa saja, padahal sudah serius," kata Dicky kepada Kompas.com, Sabtu (26/12/2020).

Menurutnya, masalah testing yang sejak awal dikritik tak kunjung diperbaiki secara signifikan. Artinya, pemerintah tidak merespons pentingnya testing sesuai skala penduduk dan eskalasi pandemi.

Ia menambahkan, hal itu disebabkan oleh penanganan pandemi yang tidak fokus.

"Yang jelas tidak fokus pada upaya mengendalikan pandeminya, tetapi terdistraksi dengan fokus ekonomi dan politik," jelas dia.

Baca juga: Epidemiolog: Tiket Promo Bukti Tak Terintegrasinya Penanganan Pandemi

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X