Menilik Fenomena Pemilih di Pilkada yang Pasang Pasfoto dan Artis Korea...

Kompas.com - 10/12/2020, 19:31 WIB
Tangkapan layar hasil pengawasan pemungutan suara pada kanal YouTube Bawaslu RI. Bawaslu dalam paparannya di antaranya menemukan tempelan gambar pada kolom kosong surat suara.  Dok.Bawaslu RITangkapan layar hasil pengawasan pemungutan suara pada kanal YouTube Bawaslu RI. Bawaslu dalam paparannya di antaranya menemukan tempelan gambar pada kolom kosong surat suara.

KOMPAS.com - Foto diri dan diduga potret artis dari Korea Selatan tampak menempel di surat suara pasangan calon Pilkada 2020.

Hal tersebut ditemukan oleh Bawaslu Kabupaten Kediri pada Rabu (9/12/2020).

Foto dan potret tersebut ditempel di kotak kosong yang bersanding dengan gambar pasangan calon Hanindhito Himawan Pramana-Dewi Mariya Ulfa.

Baca juga: Update Hasil Sementara Real Count Pilkada 2020 di 9 Provinsi, Mulai Sumbar hingga Sulteng

Pilkada Kabupaten Kediri memang diikuti pasangan calon tunggal dan bertarung dengan kotak kosong.

Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Kabupaten Kediri Ali Mashudi mengatakan, pasfoto yang diduga milik seorang warga itu ditemukan di salah satu tempat pemungutan suara (TPS) di Kecamatan Kandangan.

"Sedangkan untuk yang mirip artis Korea ditemukan di salah satu TPS di Kecamatan Plemahan," ujar Ali seperti diberitakan Kompas.com, Rabu (9/12/2020).

Surat suara yang ditempel foto itu ditemukan petugas TPS saat melakukan penghitungan suara.

Baca juga: Link untuk Memantau Hasil Pemungutan Suara Pilkada Serentak 2020

Lantas, apa sebab hal itu bisa terjadi?

Fenomena menarik

Sosiolog dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Drajat Tri Kartono menyebut, terjadinya hal tersebut adalah suatu fenomena yang menarik.

Menurutnya, saat ini merupakan era di mana masyarakat komunikatif mulai berkembang.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X